Repository Universitas Andalas

PERANAN PENYULUH PETERNAKAN TERHADAP PENERAPAN PANCA USAHA TERNAK SAPI POTONG DI KOTA PAYAKUMBUH (Studi Kasus Pada Kelompok Tani Tapian Agam, Kelurahan Payobasung, Payakumbuh)

MELISA, MELISA (2014) PERANAN PENYULUH PETERNAKAN TERHADAP PENERAPAN PANCA USAHA TERNAK SAPI POTONG DI KOTA PAYAKUMBUH (Studi Kasus Pada Kelompok Tani Tapian Agam, Kelurahan Payobasung, Payakumbuh). Other thesis, andalas university.

[img]
Preview
PDF
Download (129Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (76Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (114Kb) | Preview

Abstract

PERANAN PENYULUH PETERNAKAN TERHADAP PENERAPAN PANCA USAHA TERNAK SAPI POTONG DI KOTA PAYAKUMBUH (Studi Kasus Pada Kelompok Tani Tapian Agam, Kelurahan Payobasung, Payakumbuh) Melisa, dibawah bimbingan Ir. Amrizal Anas, MP dan Ir. Ismet Iskandar, MS Program Studi Sosial Ekonomi Peternakan Jurusan Produksi Ternak Fakultas Peternakan Universitas Andalas Padang, 2013 ABSTRAK Penelitian ini dilakukan pada usaha sapi potong Kelompok Tani Ternak Tapian Agam, Kelurahan Payobasung, Payakumbuh, mulai tanggal 14 Januari sampai 16 Februari 2013. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui peranan penyuluh pada Kelompok Tani Ternak Tapian Agam, Kelurahan Payobasung, Payakumbuh. 2) Untuk mengetahui tingkat keberhasilan penyuluhan terhadap penerapan panca usaha ternak pada Kelompok Tani Ternak Tapian Agam, Kelurahan Payobasung, Payakumbuh. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode survei. Untuk mendapatkan data primer dilakukan observasi dan wawancara terhadap 21 orang anggota kelompok dengan menggunakan kuisioner sebagai alat bantu. Hasil penelitian menunjukan peranan penyuluh dalam panca usaha ternak sapi dilihat dari materi yang disampaikan kepada peternak sebelum dan sesudah dilakukan penyuluhan. Sebelum dilakukan penyuluhan kemampuan peternak dalam penrerapan panca usaha ternak dalam memilih bibit yang baik 30,48%, pemilihan pakan 14,28%, tatalaksana pemeliharaan 28,57%, kesehatan dan pencegahan penyakit 11,90% dan dalam pemasaran 15,87%. Setelah dilakukan penyuluhan mengalami peningkatan yaitu dalam pemilihan bibit yang baik 69,52%, pemilihan pakan 69,52%, tatalaksana pemeliharaan 77,38%, kesehatan dan pencegahan penyakit 69,84%, serta dalam pemasaran 55,56%. Tingkat keberhasilan penyuluhan dalam penerapan panca usaha ternak dalam pemilihan bibit 39,04%, pemilihan pakan 55,24%, dalam tatalaksana pemeliharaan 48,81%, serta dalam pencegahan dan pengendalian penyakit 57,94%, dan dalam pemasaran 39,69%. Hal ini menunjukan adanya tanggapan dan pengaruh yang positif dilakukannya penyuluhan dilihat dari adanya peningkatan setelah dilakukan penyuluhan sehingga adanya tingkat keberhasilan penyuluh dalam penerapan panca usaha ternak. Kata kunci: Peranan Penyuluh dan Panca Usaha Ternak

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Unit atau Lembaga: Fakultas Perternakan > Teknologi Produksi Ternak
Depositing User: deni d irawan
Date Deposited: 21 Jan 2015 01:09
Last Modified: 21 Jan 2015 01:09
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/21391

Actions (login required)

View Item View Item