Repository Universitas Andalas

KALIMAT DALAM IKLAN DI MEDIA CETAK: KAJIAN SINTAKSIS – SEMANTIS

Yades, Efri (2014) KALIMAT DALAM IKLAN DI MEDIA CETAK: KAJIAN SINTAKSIS – SEMANTIS. Working Paper. Fakultas Sastra. (Unpublished)

[img] PDF (KALIMAT DALAM IKLAN DI MEDIA CETAK: KAJIAN SINTAKSIS – SEMANTIS) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8Kb)

Abstract

Kalimat dalam teks iklan di media cetak sangat menarik untuk dibahas karena mempunyai daya persuasif yang tinggi. Kalimat yang mempunyai daya persuasif ini dibahas menurut jenis-jenisnya, pola kalimat, dan fungsi bahasa yang terkandung dalam kalimat tersebut. Kalimat yang dijadikan data diambil dari iklan yang dimuat pada tabloid-tabloid yang berbahasa Indonesia. Data dikumpulkan dengan metode simak selanjutnya dianalisis dengan metode agih dan metode padan. Untuk menjelaskan jenisjenis kalimat dan pola kalimat yang ada dalam teks iklan digunakan pendekatan sintaksis, sedangkan untuk menjelaskan fungsi bahasa pada iklan digunakan pendekatan semantik. Dari hasil analisis ditemukan: (1) delapan jenis kalimat yang ada dalam iklan, yakni kalimat tunggal, majemuk, deklaratif, imperatif, mayor, minor biasa dan inversi ; (2) tiga pola kalimat yang digunakan dalam iklan, yaitu S – P, S – P – O, dan P – S.

Item Type: Monograph (Working Paper)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Depositing User: SSi Renny Pebrica
Date Deposited: 03 Jun 2010 09:16
Last Modified: 07 Aug 2015 07:36
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/2143

Actions (login required)

View Item View Item