HANDAYANI, DIAN
(2014)
FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN
PASIEN DI POLIKLINIK RUMAH SAKIT STROKE NASIONAL
(RSSN) BUKITTINGGI TAHUN 2013.
Other thesis, andalas university.
Abstract
FAKULTAS KESEHATANMASYARAKAT
UNIVERSITAS ANDALAS
Skripsi, 26 Januari 2014
DIAN HANDAYANI, No. BP. 0910332043
FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN
PASIEN DI POLIKLINIK RUMAH SAKIT STROKE NASIONAL
(RSSN) BUKITTINGGI TAHUN 2013
viii + 79 halaman, 13 tabel, 5 gambar, 10 lampiran
ABSTRAK
Tujuan Penelitian
RSSN Bukittinggi merupakan rumah sakit khusus kelas B. Terdapat penurunan
jumlah kunjungan pasien pada tahun 2010-2012 di Poliklinik RSSN Bukittinggi
sebesar 55,19% yaitu dari 77.073 orang pasien menjadi 34.526 orang pasien.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan kepuasan
pasien di Poliklinik RSSN Bukittinggi.
Metode
Metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional study.
Populasi yaitu seluruh pasien yang berobat di Poliklinik RSSN dengan sampel 81
responden. Metode pengambilan sampel random block sampling. Data primer
menggunakan kueisoner. Analisis data dengan analisis univariat dan bivariat.
Analisis bivariat dengan menggunakan uji Chi-Square dan derajat kepercayaan 95%
(p value < 0,05).
Hasil
Hasil penelitian menunjukkan kepuasan pasien 46,9%, pelayanan dokter baik 42%,
pelayanan perawat baik 39,5%, pelayanan administrasi baik 24,7%, lingkungan fisik
baik 76,5%. Semua variabel mempunyai hubungan yang bermakna dengan kepuasan
pasien. Diagram Kartesius didapatkan 4 atribut berada di kuadran A, 8 atribut di
kuadran B, 5 atribut di kuadran C, dan 5 atribut di kuadran D.
Kesimpulan
Terdapat hubungan yang bermakna antara kepuasan pasien dengan pelayanan dokter,
pelayanan perawat, pelayanan administrasi, dan lingkungan fisik. Saran yaitu
diharapkan RSSN memberikan pelatihan dan melakukan evaluasi kepada seluruh
petugas agar dapat meningkatkan kualitas pelayanan.
Daftar Pustaka : 33 (1996 – 2011)
Kata Kunci : Kepuasan Pasien, Pelayanan Kesehatan
Actions (login required)
|
View Item |