Repository Universitas Andalas

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI POLIKLINIK RUMAH SAKIT STROKE NASIONAL (RSSN) BUKITTINGGI TAHUN 2013

HANDAYANI, DIAN (2014) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI POLIKLINIK RUMAH SAKIT STROKE NASIONAL (RSSN) BUKITTINGGI TAHUN 2013. Other thesis, andalas university.

[img]
Preview
PDF
Download (71Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (126Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (135Kb) | Preview

Abstract

FAKULTAS KESEHATANMASYARAKAT UNIVERSITAS ANDALAS Skripsi, 26 Januari 2014 DIAN HANDAYANI, No. BP. 0910332043 FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI POLIKLINIK RUMAH SAKIT STROKE NASIONAL (RSSN) BUKITTINGGI TAHUN 2013 viii + 79 halaman, 13 tabel, 5 gambar, 10 lampiran ABSTRAK Tujuan Penelitian RSSN Bukittinggi merupakan rumah sakit khusus kelas B. Terdapat penurunan jumlah kunjungan pasien pada tahun 2010-2012 di Poliklinik RSSN Bukittinggi sebesar 55,19% yaitu dari 77.073 orang pasien menjadi 34.526 orang pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien di Poliklinik RSSN Bukittinggi. Metode Metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional study. Populasi yaitu seluruh pasien yang berobat di Poliklinik RSSN dengan sampel 81 responden. Metode pengambilan sampel random block sampling. Data primer menggunakan kueisoner. Analisis data dengan analisis univariat dan bivariat. Analisis bivariat dengan menggunakan uji Chi-Square dan derajat kepercayaan 95% (p value < 0,05). Hasil Hasil penelitian menunjukkan kepuasan pasien 46,9%, pelayanan dokter baik 42%, pelayanan perawat baik 39,5%, pelayanan administrasi baik 24,7%, lingkungan fisik baik 76,5%. Semua variabel mempunyai hubungan yang bermakna dengan kepuasan pasien. Diagram Kartesius didapatkan 4 atribut berada di kuadran A, 8 atribut di kuadran B, 5 atribut di kuadran C, dan 5 atribut di kuadran D. Kesimpulan Terdapat hubungan yang bermakna antara kepuasan pasien dengan pelayanan dokter, pelayanan perawat, pelayanan administrasi, dan lingkungan fisik. Saran yaitu diharapkan RSSN memberikan pelatihan dan melakukan evaluasi kepada seluruh petugas agar dapat meningkatkan kualitas pelayanan. Daftar Pustaka : 33 (1996 – 2011) Kata Kunci : Kepuasan Pasien, Pelayanan Kesehatan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: deni d irawan
Date Deposited: 28 Jan 2015 03:35
Last Modified: 28 Jan 2015 03:35
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/21492

Actions (login required)

View Item View Item