Repository Universitas Andalas

PENGARUH KEBISINGAN LALULINTAS TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 1 PADANG

HALIL, AMWAL (2014) PENGARUH KEBISINGAN LALULINTAS TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 1 PADANG. Other thesis, andalas university.

[img]
Preview
PDF
Download (98Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (89Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (93Kb) | Preview

Abstract

ABSTRAK PENGARUH KEBISINGAN LALU LINTAS TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR SISWA SMP N 1 PADANG Amwal Halil, Amel Yanis, Mustafa Noer Masalah kebisingan karena lalulintas yang padat di daerah perkotaan menyebabkan sulitnya untuk mendapatkan lokasi sekolah yang tenang. Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 718/MEN.KES/PER/XI/1987 bahwa sekolah masuk dalam Zona B, yaitu zona yang diperuntukkan bagi perumahan, tempat pendidikan, rekreasi dan sejenisnya. Intensitas bising yang diperbolehkan untuk zona ini adalah 45 dB sampai 55 dB. Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Padang merupakan sarana pendidikan yang terletak di daerah perkotaan dan berada di pinggir jalan raya yang arus lalulintasnya padat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebisingan lalulintas terhadap konsentrasi belajar siswa SMP N 1 Padang. Penelitian ini menggunakan metode cross sectional comparative, dimana tingkat kebisingan dan tingkat konsentrasi belajar siswa dikumpulkan secara bersamaan. Pengukuran tingkat kebisingan menggunakan alat ukur sound level meter yang diukur pada dua titik yang berbeda, yaitu di sekitar kelas yang dekat dengan jalan raya dan di sekitar kelas yang jauh dari jalan raya. Tingkat konsentrasi belajar siswa diukur dengan menggunakan digit symbol test dan digit span test. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji statistik chi square dengan derajat kepercayaan 95% (p=0,05). Hasil pengukuran tingkat kebisingan di sekitar kelas yang dekat dengan jalan raya sebesar 69.62 dB dan tingkat kebisingan di sekitar kelas yang jauh dari jalan raya sebesar 72.80 dB. Tingkat konsentrasi belajar siswa yang dekat dengan jalan raya dengan menggunakan digit symbol test di dapatkan data 7 siswa kurang konsentrasi, 33 siswa cukup konsentrasi, dan dengan menggunakan digit span test di dapatkan data 7 siswa kurang konsentrasi dan 33 siswa cukup konsentrasi. Tingkat konsentrasi belajar siswa yang jauh dari jalan raya dengan menggunakan digit symbol test di dapatkan data 5 siswa kurang konsentrasi, 34 siswa cukup konsentrasi dan dengan menggunakan digit span test di dapatkan data 9 siswa kurang konsentrasi dan 30 siswa cukup konsentrasi. Data tingkat kebisingan dan tingkat konsentrasi belajar siswa dianalisis menggunakan uji chi square dengan taraf signifikansi 0,05. Dengan metode digit symbol test di dapatkan hasil p=0,562 dan dengan menggunakan digit span test di dapatkan hasil p=0,537, dimana kedua nilai probabilitas tersebut lebih dari 0,05 menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan tingkat konsentrasi yang bermakna antara kelas yang dekat dengan jalan raya dan kelas yang jauh dari jalan raya. Kata kunci: kebisingan lalulintas, siswa, konsentrasi belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Unit atau Lembaga: Kedokteran
Depositing User: deni d irawan
Date Deposited: 29 Jan 2015 00:59
Last Modified: 29 Jan 2015 00:59
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/21560

Actions (login required)

View Item View Item