Repository Universitas Andalas

OTOMATISASI PEMUTARAN ROTARY SAMPLE COLLECTOR DENGAN MOTOR STEPPER BERBASIS MIKROKONTROLLER ATMEGA8535 DAN SENSOR FOTODIODA

FRIDAYANTI, NOLA (2014) OTOMATISASI PEMUTARAN ROTARY SAMPLE COLLECTOR DENGAN MOTOR STEPPER BERBASIS MIKROKONTROLLER ATMEGA8535 DAN SENSOR FOTODIODA. Other thesis, andalas university.

[img]
Preview
PDF
Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (5Kb) | Preview

Abstract

OTOMATISASI PEMUTARAN ROTARY SAMPLECOLLECTOR DENGAN MOTOR STEPPER BERBASIS MIKROKONTROLLER ATMEGA8535 DAN SENSOR FOTODIODA ABSTRAK Telah dirancang sebuah alat otomatis rotary sample collector tabung reaksi dengan menggunakan motor stepper berbasis mikrokontroler ATmega8535. Rangkaian elektronik alat otomatis terdiri dari rangkaian catu daya, rangkaian mikrokontroler ATmega8535, rangkaian motor stepper, rangkaian relay, rangkaian fotodioda dan keran elektrik. Desain mekanik alat terbuat dari material ringan, sehingga dapat mengoptimalkan gerakan rotasi motor stepper untuk memutar beban. Piringan tabung terbuat dari karton tebal yang berdiameter 22,7 cm dan massa 145 g, sedangkan batang poros piringan tabung merupakan batangan PVC yang bermassa 49,05 g. Motor stepper yang digunakan adalah motor stepper unipolar dan beban maksimum yang bisa diputar motor stepper adalah 3445,36 g. Jumlah tabung reaksi yang digunakan untuk alat ini sebanyak 4 tabung reaksi oleh karena itu alat ini melakukan pengisian sebanyak 4 pengisian dan sensor fotodioda sebagai pendeteksi tabung reaksi dalam keadaan penuh atau kosong. Resolusi sudut antar tabung reaksi pada piringan adalah 90°. Larutan yang bisa menghalangi cahaya dari LED ke fotodioda adalah larutan yang berwarna gelap dan pekat. Alat akan berhenti setelah semua tabung reaksi terisi dengan menekan tombol switch off. Kata kunci: motor stepper, tabung reaksi, fotodioda, mikrokontroler ATmega8535.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QC Physics
Unit atau Lembaga: Fakultas MIPA > Fisika
Pascasarjana > Doktor > Fakultas MIPA > Fisika
Fakultas MIPA > Fisika
Depositing User: deni d irawan
Date Deposited: 29 Jan 2015 00:41
Last Modified: 29 Jan 2015 00:41
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/21571

Actions (login required)

View Item View Item