Repository Universitas Andalas

ANALISIS PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP LUAS PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN DALAM LAPORAN KEBERLANJUTAN BERDASARKAN GRI G3 GUIDELINES (Studi empiris pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2012)

LATIFAH, LATIFAH (2014) ANALISIS PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP LUAS PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN DALAM LAPORAN KEBERLANJUTAN BERDASARKAN GRI G3 GUIDELINES (Studi empiris pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2012). Other thesis, ANDALAS UNIVERSITY.

[img]
Preview
PDF
Download (88Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (104Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (141Kb) | Preview

Abstract

Analisis Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Luas Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Dalam Laporan Keberlanjutan Berdasarkan GRI G3 Guidelines. Skripsi Oleh : Latifah Pembimbing : Dr. Efa Yonnedi S.E, MPPM, Ak ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahuipengaruh karakteristik perusahaan terhadap kelengkapan pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan pada Laporan Keberlanjutanperusahaan. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Laporan Keuangan dan Laporan Kebelanjutan perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2009-2012. Jumlah sampel sebanyak 24 perusahaan diperoleh melalui metode purposive sampling. Karakteristik perusahaan yang menjadi variabel dalam penelitian ini adalah ukuran perusahaan, leverage, profitabilitas, kepemilikan saham oleh publik dan tipe industri sebagai variable kontrol. Sebagai ukuran kelengkapan pengungkapan tanggung jawab sosial oleh perusahaan digunakan indikator GRI G3 Guidelines yang berisi 79 indikator pengungkapan. Metode analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif, analisis regresi dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variable profitabilitas dan kepemilikan saham publik tidak memiliki pengaruh terhadap luas pengungkapan tanggung jawab sosial dalam Laporan Keberlanjuan yang diterbitkan oleh perusahaan. Sedangkan variabel leverage dan ukuran perusahaan yang diproksikan dalam total aset memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial dalam laporan keberlanjutan. Pengujian menggunakan variabel kontrol tipe industri menunjukkan bahwa pada perusahaan high profile, variabel yang berpengaruh adalah kepemilikan saham publik. Sedangkan pada perusahaan low profile, variabel yang berpengaruh adalah profitabilitas. Keyword : Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, GRI G3 Guidelines, Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Porsi Kepemilikan Saham Publik, Tipe Industri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Unit atau Lembaga: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Marina R kurniawan
Date Deposited: 28 Jan 2015 03:32
Last Modified: 28 Jan 2015 03:32
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/21586

Actions (login required)

View Item View Item