Repository Universitas Andalas

PERBEDAAN EFEKTIVITAS TEH HIJAU (CAMELLIA SINENSIS) DAN TEH HITAM (CAMELLIA SINENSIS L. KUNTZE) DALAM MENGHAMBAT PERTUMBUHAN BAKTERI Streptococcus mutans

Destari, Viona (2014) PERBEDAAN EFEKTIVITAS TEH HIJAU (CAMELLIA SINENSIS) DAN TEH HITAM (CAMELLIA SINENSIS L. KUNTZE) DALAM MENGHAMBAT PERTUMBUHAN BAKTERI Streptococcus mutans. Other thesis, andalas university.

[img]
Preview
PDF
Download (117Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (100Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (110Kb) | Preview

Abstract

Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Andalas Skripsi, Maret 2014 VIONA DESTARI, 1010341001 Perbedaan Efektivitas Teh Hijau (Camellia sinensis) Dan Teh Hitam (Camellia sinensis l. kuntze) Dalam Menghambat Pertumbuhan Bakteri Streptococcus mutans ISI + 55 halaman + 18 gambar + 8 tabel + 5 lampiran ABSTRAK Latar belakang:Karies merupakan salah satu penyakit gigi dan mulut yang paling sering ditemukan di masyarakat dengan prevalensi nasional tahun 2007 mencapai 43,4%. Tindakan yang paling sering dilakukan dalam pencegahan karies adalah pengendalian aktifitas bakteri Streptococcus mutans. Menurut beberapa penelitian menyatakan bahwa polifenol katekin yang terdapat dalam teh hijau dan teh hitam bersifat antibakteri yang mampu menghambat aktivitas enzim glucosyltransferase yang dihasilkan oleh bakteri Streptococcus mutans yang merupakan bakteri utama penyebab terjadinya karies gigi. Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat perbedaan efektivitas teh hijau (Camellia sinensis) dan teh hitam (Camellia sinensis l.kuntze) dalam menghambat pertumbuhan bakteri Streptococcus mutans. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental murni (true experimental design) dengan desain the post test only group designdengan metode difusi. Konsentrasi larutan teh hijau dan teh hitam yang digunakan adalah konsentrasi 100%. Analisis data menggunakan uji statistik Independent Sample T-test dengan tingkat kemaknaan (p<0,05) untuk melihat mean (rata-rata) perbedaan diameter zona hambat pada kelompok perlakuan. Hasil: Hasil uji statistik menunjukkan terdapat perbedaan efektivitas yang signifikan antara teh hijau dan teh hitam dalam menghambat pertumbuhan bakteri Streptococcus mutans dengan rata-rata diameter zona hambat teh hijau sebesar 7,684 mm sedangkan teh hitam 6,559 mm dengan nilai signifikansi 0,00 (P<0,05). Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa teh hijaulebih efektif dibanding teh hitam dalam menghambat pertumbuhan bakteri Streptococcus mutans karena perbedaan kadar polifenol katekin dalam teh hijau dan teh hitam. Kata kunci: Teh hijau, teh hitam, Streptococcus mutans, efektivitas, rata-rata diameter zona hambat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Unit atau Lembaga: Kedokteran > Kedokteran Gigi
Depositing User: deni d irawan
Date Deposited: 29 Jan 2015 00:41
Last Modified: 29 Jan 2015 00:41
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/21618

Actions (login required)

View Item View Item