RAHMAWIRNA, RAHMAWIRNA
(2014)
HUBUNGAN KEEFEKTIFAN PEMBERIAN ASI DENGAN
DERAJAT IKTERIK BAYI HIPERBILIRUBINEMIA
FISIOLOGIS DI RUANGAN PERINATOLOGI
RSUP. DR. M. DJAMIL PADANG.
Other thesis, andalas university.
Abstract
FAKULTAS KEPERAWATAN
UNIVERSITAS ANDALAS
MARET 2014
Nama : RAHMAWIRNA
No. BP : 1110324020
Hubungan Keefektifan Pemberian ASI Dengan Derajat Ikterik
Bayi Hiperbilirubinemia Fisiologis di Ruangan Perinatologi
RSUP. Dr. M. Djamil Padang Tahun 2014
ABSTRAK
Bayi yang diberi minum ASI lebih awal dengan efektif dan pemberian
kolostrum diyakini dapat mengurangi kejadian hiperbilirubinemia fisiologis.
Keefektifan ini meliputi frekuensi, durasi, serta tata cara pemberian ASI yang
benar. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan keefektifan pemberian
ASI dengan derajat ikterik bayi hiperbilirubunemia fisiologis. Penelitian ini
menggunakan metode analitik observasional dengan pendekatan crossectional.
Data diambil dari ruangan Perinatologi RSUP Dr. M. Djamil padang dari tanggal
6 Januari 2014 sampai 2 Februari 2014. Responden dari penelitian ini adalah
seluruh ibu bayi dan bayi hiperbilirubinemia fisiologis yang memenuhi kriteria
inklusi. Teknik pengambilan sampel dengan cara non probability sampling yaitu
accidental sampling sebanyak 17 responden. Pengumpulan data menggunakan
kuesioner dan lembaran observasi. Analisis data menggunakan analisis univariat
yang disajikan dalam tabel distribusi frekuensi sedangkan data bivariat
menggunakan uji Kolmogorof-Smirnov. Hasil penelitian menunjukkan 58,8% ibu
bayi hiperbilirubinemia fisiologis memberikan ASI dengan efektif dan 47,1% bayi
hiperbilirubinemia fisiologis berada pada derajat ikterik ringan. Berdasarkan uji
Kolmogorof-Smirnov terdapat hubungan keefektifan pemberian ASI dengan
derajat ikterik (p=0,010). Pendidikan kesehatan tentang pentingnya pemberian
ASI yang efektif pada saat hamil diharapkan dapat mencegah terjadinya
hiperbilirubinemia fisiologis pada bayi baru lahir.
Kata Kunci : Hiperbilirubinemia Fisiologis, Keefektifan Pemberian
ASI, dan Derajat Ikte
Actions (login required)
|
View Item |