Repository Universitas Andalas

KESIAPAN BELAJAR MANDIRI MAHASISWA TAHUN PERTAMA PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ANDALAS

PRIMA, REZA SATRIA (2014) KESIAPAN BELAJAR MANDIRI MAHASISWA TAHUN PERTAMA PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ANDALAS. Other thesis, ANDALAS UNIVERSITY.

[img]
Preview
PDF
Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (20Kb) | Preview

Abstract

Fakultas kedokteran Universitas Andalas Padang Skripsi, Februari 2014 REZA SATRIA PRIMA, 0910313224 Kesiapan Belajar Mandiri Mahasiswa Tahun Pertama Pada Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Andalas ABSTRAK Latar Belakang : Self-directed Learning (SDL) atau belajar mandiri adalah usaha individu yang otonomi untuk mencapai kompetensi akademis. Faktor-faktor yang mempengaruhi belajar mandiri dapat dikelompokkan menjadi dua kelompok, yaitu faktor internal (inteligensi, perhatian, minat, bakat, motivasi, kematangan, dan kesiapan) dan faktor eksternal (faktor keluarga dan faktor asal sekolah).Belajar mandiri merupakan faktor penting dalam sistem pembelajaran Problem-Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran kesiapan belajar mandiri pada mahasiswa tahun pertama di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan kuesioner. Pertama, kuesioner dasar yang berisi asal sekolah, cara seleksi masuk, motivasi, dan jenis kelamin. Kedua, kuesioner untuk mengukur kesiapan belajar mandiri yang diadopsi dari Lucy M Guglielmino (1978). Respondennya adalah mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Andalas angkatan 2013 yang berjumlah 276 responden. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa yang berasal dari SMA/setara sebagian besar memiliki kesiapan belajar mandiri pada tingkat rata-rata (40%). Sedangkan yang dari pesantren/sekolah yang diasramakan sebagian besar pada tingkat diatas rata-rata (54,54%). Mahasiswa yang masuk melalui cara seleksi SNMPTN sebagian besar memiliki kesiapan belajar pada tingkat di atas rata-rata (39,45%) sedangkan yang dari SBMPTN sebagian besar pada tingkat rata-rata (40,31%). Mahasiswa yang memiliki motivasi masuk Fakultas Kedokteran karena faktor orang tua sebagian besar memiliki kesiapan belajar mandiri pada tingkat ratarata (59,32%) sedangkan yang atas kemauan sendiri sebagian besar berada pada tingkat di atas rata-rata (45,87%)dan yang karena pengaruh teman/saudara sebagian besar berada pada tingkat rata-rata (47,82%). Mahasiswa yang berjenis kelamin lakilaki sebagian besar memiliki kesiapan belajar mandiri pada tingkat di atas rata-rata (43,47%) sedangkan yang perempuan sebagian besar memiliki kesiapan belajar mandiri pada tingkat rata-rata (41,54%). Kesimpulan : Kesiapan belajar mandiri mahasiswa tahun pertama berbeda-beda jika ditinjau berdasarkan asal sekolah, cara seleksi masuk, motivasi masuk Fakultas Kedokteran, dan jenis kelamin. Kepustakaan : 19 (1999-2010) Kata Kunci : Kesiapan belajar mandiri, asal sekolah, cara seleksi masuk, motivasi, jenis kelamin Medical Faculty Andalas University Padang Script, February 2014 REZA SATRIA PRIMA, 0910313224 Self Directed Learning Readiness At First Year Student On Medical Education Major Of Medical Faculty Andalas University ABSTRACT Background : Self-directed Learning (SDL) is an self-driven to reach academical competence. Factors that influencing self directed learning are categorized into 2, internal (intelligence, attention, interest, talent, motivation, maturity and readiness) and external factors (family and the past school). Self-directed learning is the main factors in the Problem-Based Learning (PBL) system. This research have purpose to describe self directed learning readiness of first year students of Medical Faculty Andalas University. Method : This research is a descriptive research that use questionnaire as it instrument. There are two types of questionnaire;basic questionnaire that include past school, selection ways, motivation, and sex and self-directed learning questionnaire from Lucy M Guglielmino (1978). The respondent is student in Medical Faculty Andalas University generation 2013 that number is 276 respondent. Result : The result of this research showed that student from the upper secondary school majority have self-directed learning readiness on average level (40%). Then, from boarding school majority on upper average level (54,54%). Student from SNMPTN way majority have self-directed learning readiness on upper average (39,45%). Then, from SBMPTN way on average level (40,31%). Student with motivation because their parents majority have self-directed learning readiness on average level (59,32%). Then, their self motivation majority on upper average (45,87%) and with friend influence motivation majority on average level (47,82%). Male student majority have self-directed learning readiness on upper average level (43,47%) and female student majority on average level (41,54%). Conclusion : Self-directed learning readiness on first year student have a different if observe from past of school,selection ways, motivation, and sex. References : 19 (1999-2010) Key Word : Self-directed learning, past of school, selection ways, motivation, sex.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Unit atau Lembaga: Kedokteran
Depositing User: Mona M Chandra
Date Deposited: 28 Jan 2015 03:24
Last Modified: 28 Jan 2015 03:24
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/21647

Actions (login required)

View Item View Item