PRIMA, REZA SATRIA
(2014)
KESIAPAN BELAJAR MANDIRI MAHASISWA TAHUN PERTAMA PADA
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN
UNIVERSITAS ANDALAS.
Other thesis, ANDALAS UNIVERSITY.
Abstract
Fakultas kedokteran
Universitas Andalas Padang
Skripsi, Februari 2014
REZA SATRIA PRIMA, 0910313224
Kesiapan Belajar Mandiri Mahasiswa Tahun Pertama Pada Program Studi
Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Andalas
ABSTRAK
Latar Belakang : Self-directed Learning (SDL) atau belajar mandiri adalah usaha
individu yang otonomi untuk mencapai kompetensi akademis. Faktor-faktor yang
mempengaruhi belajar mandiri dapat dikelompokkan menjadi dua kelompok, yaitu
faktor internal (inteligensi, perhatian, minat, bakat, motivasi, kematangan, dan
kesiapan) dan faktor eksternal (faktor keluarga dan faktor asal sekolah).Belajar
mandiri merupakan faktor penting dalam sistem pembelajaran Problem-Based
Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran kesiapan belajar
mandiri pada mahasiswa tahun pertama di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas.
Metode : Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan
kuesioner. Pertama, kuesioner dasar yang berisi asal sekolah, cara seleksi masuk,
motivasi, dan jenis kelamin. Kedua, kuesioner untuk mengukur kesiapan belajar
mandiri yang diadopsi dari Lucy M Guglielmino (1978). Respondennya adalah
mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Andalas angkatan 2013 yang berjumlah
276 responden.
Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa yang berasal dari
SMA/setara sebagian besar memiliki kesiapan belajar mandiri pada tingkat rata-rata
(40%). Sedangkan yang dari pesantren/sekolah yang diasramakan sebagian besar
pada tingkat diatas rata-rata (54,54%). Mahasiswa yang masuk melalui cara seleksi
SNMPTN sebagian besar memiliki kesiapan belajar pada tingkat di atas rata-rata
(39,45%) sedangkan yang dari SBMPTN sebagian besar pada tingkat rata-rata
(40,31%). Mahasiswa yang memiliki motivasi masuk Fakultas Kedokteran karena
faktor orang tua sebagian besar memiliki kesiapan belajar mandiri pada tingkat ratarata
(59,32%) sedangkan yang atas kemauan sendiri sebagian besar berada pada
tingkat di atas rata-rata (45,87%)dan yang karena pengaruh teman/saudara sebagian
besar berada pada tingkat rata-rata (47,82%). Mahasiswa yang berjenis kelamin lakilaki
sebagian besar memiliki kesiapan belajar mandiri pada tingkat di atas rata-rata
(43,47%) sedangkan yang perempuan sebagian besar memiliki kesiapan belajar
mandiri pada tingkat rata-rata (41,54%).
Kesimpulan : Kesiapan belajar mandiri mahasiswa tahun pertama berbeda-beda jika
ditinjau berdasarkan asal sekolah, cara seleksi masuk, motivasi masuk Fakultas
Kedokteran, dan jenis kelamin.
Kepustakaan : 19 (1999-2010)
Kata Kunci : Kesiapan belajar mandiri, asal sekolah, cara seleksi masuk,
motivasi, jenis kelamin
Medical Faculty
Andalas University Padang
Script, February 2014
REZA SATRIA PRIMA, 0910313224
Self Directed Learning Readiness At First Year Student On Medical Education
Major Of Medical Faculty Andalas University
ABSTRACT
Background : Self-directed Learning (SDL) is an self-driven to reach academical
competence. Factors that influencing self directed learning are categorized into 2,
internal (intelligence, attention, interest, talent, motivation, maturity and readiness)
and external factors (family and the past school). Self-directed learning is the main
factors in the Problem-Based Learning (PBL) system. This research have purpose to
describe self directed learning readiness of first year students of Medical Faculty
Andalas University.
Method : This research is a descriptive research that use questionnaire as it
instrument. There are two types of questionnaire;basic questionnaire that include past
school, selection ways, motivation, and sex and self-directed learning questionnaire
from Lucy M Guglielmino (1978). The respondent is student in Medical Faculty
Andalas University generation 2013 that number is 276 respondent.
Result : The result of this research showed that student from the upper secondary
school majority have self-directed learning readiness on average level (40%). Then,
from boarding school majority on upper average level (54,54%). Student from
SNMPTN way majority have self-directed learning readiness on upper average
(39,45%). Then, from SBMPTN way on average level (40,31%). Student with
motivation because their parents majority have self-directed learning readiness on
average level (59,32%). Then, their self motivation majority on upper average
(45,87%) and with friend influence motivation majority on average level (47,82%).
Male student majority have self-directed learning readiness on upper average level
(43,47%) and female student majority on average level (41,54%).
Conclusion : Self-directed learning readiness on first year student have a different if
observe from past of school,selection ways, motivation, and sex.
References : 19 (1999-2010)
Key Word : Self-directed learning, past of school, selection ways, motivation, sex.
Actions (login required)
|
View Item |