Repository Universitas Andalas

PERBANDINGAN KADAR ASAM LEMAK DUA VARIETAS DAGING BUAH ALPUKAT (Persea americana Mill.) DENGAN METODE KROMATOGRAFI GAS-SPEKTROMETRI MASSA

RAHMAYANI, ZULHI (2014) PERBANDINGAN KADAR ASAM LEMAK DUA VARIETAS DAGING BUAH ALPUKAT (Persea americana Mill.) DENGAN METODE KROMATOGRAFI GAS-SPEKTROMETRI MASSA. Other thesis, ANDALAS UNIVERSITY.

[img]
Preview
PDF
Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (199Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (86Kb) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian perbandingan kadar asam lemak dua varietas buah alpukat (Persea americana Mill.) telah dilakukan dengan metoda kromatografi gasspektrometri massa (GC-MS). Pada penelitian ini sampel terlebih dahulu dikeringkan dengan menggunakan oven pada suhu 105⁰C sampai berat konstan. Setelah dikeringkan daging buah alpukat diekstrak dengan pelarut n-heksan menggunakan alat soklet. Minyak hasil ekstraksi dari daging buah alpukat kering tersebut, diubah menjadi senyawa metil ester terlebih dahulu dengan reaksi transesterifikasi menggunakan katalis H2SO4 dan metanol, kemudian dilakukan pemeriksaan kadar asam lemak dalam sampel dengan menggunakan alat GC-MS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kadar asam lemak total pada daging buah alpukat hijau panjang yaitu 11,72%, dengan kadar asam oleat (3,63%), asam linoleat (2,62%), asam palmitat (7,48%) dan asam miristat (2,38%) dan asam linolenat (0,55%). Kadar asam lemak total alpukat hijau bundar yaitu 11,27%, dengan kadar asam oleat (4,02%), asam linoleat (3,48%), asam palmitat (3,72%), asam kaproat (0,05%).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Unit atau Lembaga: Fakultas Farmasi
Depositing User: Marina R kurniawan
Date Deposited: 29 Jan 2015 00:41
Last Modified: 29 Jan 2015 00:41
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/21660

Actions (login required)

View Item View Item