Repository Universitas Andalas

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN LAMA PENYEMBUHAN LUKA PADA PASIEN POST OPERASI LAPARATOMI DI IRNA BEDAH RSUP DR. M.DJAMIL PADANG TAHUN 2014

THERESIA, DILLA (2014) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN LAMA PENYEMBUHAN LUKA PADA PASIEN POST OPERASI LAPARATOMI DI IRNA BEDAH RSUP DR. M.DJAMIL PADANG TAHUN 2014. Other thesis, ANDALAS UNIVERSITY.

[img]
Preview
PDF
Download (66Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (35Kb) | Preview

Abstract

FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS SKRIPSI April, 2014 DILLA THERESIA 1210326038 Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Lama Penyembuhan Luka pada Pasien Post Operasi Laparatomi di IRNA Bedah RSUP DR. M.Djamil Padang Tahun 2014 ABSTRAK Lama penyembuhan luka post operasi laparatomi sangat menentukan lama seorang pasien dirawat di Rumah Sakit. Lama penyembuhan luka dipengaruhi oleh faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik. Di RSUP DR. M. Djamil Padang masih ada pasien yang lama penyembuhan lukanya memanjang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan lama penyembuhan luka pada pasien post operasi laparatomi di IRNA Bedah RSUP DR. M. Djamil Padang. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional study dengan teknik purposive sampling. Sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 25 orang dengan semua populasi dijadikan subjek penelitian sesuai dengan kriteria. Analisa data dilakukan dengan menggunakan uji Chy-Square. Hasil penelitian didapatkan frekuensi perawatan luka dengan kategori tidak sesuai (72%), kadar hemoglobin dengan kategori kurang dari normal (48%), mobilisasi dini dengan kategori tidak melaksanakan (56%), penyembuhan luka dengan kategori lama (56%), terdapat hubungan yang bermakna antara frekuensi perawatan luka dengan lama penyembuhan luka dengan nilai p = 0,009, terdapat hubungan yang bermakna antara kadar hemoglobin dengan lama penyembuhan luka dengan nilai p = 0,008, dan terdapat hubungan yang bermakna antara mobilisasi dini dengan lama penyembuhan luka dengan nilai p = 0,001. Diharapkan pada petugas medis untuk memperhatikan frekuensi perawatan luka sesuai dengan kondisi luka dan memberikan penyuluhan secara berkala tentang mobilisasi dini pada pasien post operasi laparatomi. Kata kunci : Penyembuhan luka, post operasi, laparatomi. Daftar bacaan : 35 (2000 – 2013)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RT Nursing
Unit atau Lembaga: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Marina R kurniawan
Date Deposited: 29 Jan 2015 00:39
Last Modified: 29 Jan 2015 00:39
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/21706

Actions (login required)

View Item View Item