Repository Universitas Andalas

PENGARUHDOSIS INOKULUM DAN LAMA FERMENTASICAMPURAN DEDAK PADI DAN DARAHDENGAN BacillusamyloliquefaciensTERHADAP TOTAL KOLONI BAKTERI, ZONA BENING DAN ASAM AMINOPADA PRODUK FERMENTASI

SARI, GITA PURNAMA (2014) PENGARUHDOSIS INOKULUM DAN LAMA FERMENTASICAMPURAN DEDAK PADI DAN DARAHDENGAN BacillusamyloliquefaciensTERHADAP TOTAL KOLONI BAKTERI, ZONA BENING DAN ASAM AMINOPADA PRODUK FERMENTASI. Other thesis, ANDALAS UNIVERSITY.

[img]
Preview
PDF
Download (24Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (565Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (593Kb) | Preview

Abstract

1 PENGARUH DOSIS INOKULUM DAN LAMA FERMENTASI CAMPURAN DEDAK PADI DAN DARAH DENGAN Bacillus amyloliquefaciens TERHADAP TOTAL KOLONI BAKTERI, ZONA BENING DAN ASAM AMINO PADA PRODUK FERMENTASI GITA PURNAMA SARI, dibawah bimbingan Prof. Dr. Ir. Hj. Wizna, MS dan Drh. Yuherman, MS, Ph.D Jurusan Nutrisi Dan Makanan Ternak Fakultas Peternakan Universitas Andalas Padang 2014 ABSTRAK Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh dosis inokulum dan lama fermentasi campuran dedak padi dan darah dengan Bacillus amyloliquefaciensterhadap total koloni bakteri, zona bening dan asam amino pada produk fermentasi. Metode yang digunakan pada total koloni bakteri dan zona bening yaitu metode eksperimen dengan menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan pola faktorial 2x3 dengan 3 ulangan. Perlakuan faktor I adalah 2 level dosis inokulum, yaitu 1% dan 3% dan faktor II adalah 3 level lama fermentasi, yaitu 1 hari, 3 hari dan 5 hari. Metode yang di gunakan pada penelitian asam amino yaitu uji T. Sampel untuk penentuan asam amino di ambil sebanyak 6 ulangan sebelum fermentasi dan 6 ulangan setelah fermentasi. Parameter yang diukur adalah total koloni bakteri, zona bening dan asam amino pada produk fermentasi. Hasil dari penelitian,perlakuan memberikan hasil yang berbeda tidak nyata (P>0,05) terhadap total koloni bakteri dan tidak perpengaruh. Pada perlakuan asam amino memberikan pengaruh berbeda sangat nyata (P<0,01) terhadap asam amino sistin dan asam amino arginin sedangkan pada asam amino metionin dan asam amnio lisin berbeda tidak nyata (P>0,05). Kesimpulan dari penelitian ini yaitupada dosis inokulum 1% dan lama fermentasi 1 hari pada fermentasicampuran dedak padi dan darahdengan Bacillus amyloliquefaciensdiperoleh rataan total koloni bakteri 10,51 x1010 CFU/gram. Pada dosis inokulum 1% berpengaruh dan dapat meningkatkan kandungan asam amino arginin dari 0,2283 menjadi 1,62 (%) dan asam amino sistin dari 0,233 menjadi 0,5683(%), tetapi tidak pada asam amino metionin dan lisin. Kata kunci :Bacillus amyloliquefaciens, total koloni bakteri, zona bening, asam amino.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Unit atau Lembaga: Fakultas Perternakan > Produksi Ternak
Depositing User: Mona M Chandra
Date Deposited: 28 Jan 2015 03:25
Last Modified: 28 Jan 2015 03:25
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/21718

Actions (login required)

View Item View Item