Repository Universitas Andalas

PENGARUH PENGGANTIAN SEBAGIAN KONSENTRAT DENGAN BUNGKIL INTI SAWIT YANG DIFERMENTASI DENGAN KAPANG Neurospora crassa TERHADAP PERFORMA PRODUKSI AYAM ARAB

DARMAN, RIO (2014) PENGARUH PENGGANTIAN SEBAGIAN KONSENTRAT DENGAN BUNGKIL INTI SAWIT YANG DIFERMENTASI DENGAN KAPANG Neurospora crassa TERHADAP PERFORMA PRODUKSI AYAM ARAB. Other thesis, ANDALAS UNIVERSITY.

[img] PDF
Download (24Kb)
[img] PDF
Download (83Kb)
[img] PDF
Download (167Kb)

Abstract

PENGARUH PENGGANTIAN SEBAGIAN KONSENTRAT DENGAN BUNGKIL INTI SAWIT YANG DIFERMENTASI DENGAN KAPANG Neurospora crassa TERHADAP PERFORMA PRODUKSI AYAM ARAB Rio Darman, dibawah bimbingan Dr.Ir. Maria Endo Mahata.MS. dan Prof. Dr. Ir. Yose Rizal. Msc Jurusan Nutrisi dan Makanan Ternak Fakultas Peternakan Universitas Andalas Padang 2014 ABSTRAK Telah dilakukan suatu Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan bungkil inti sawit fermentasi (BISF) dengan kapang Neurospora crassa dalam ransum terhadap performa produksi ayam Arab. Penelitian ini menggunakan 300 ekor ayam Arab (Gallus turcicus) yang berumur 72 minggu dengan persentase produksi telur 49,44%. Metode penelitian adalah metode eksperimen menggunakan rancangan acak lengkap (RAL), dengan 4 perlakuan yaitu A (0% BISF dalam ransum), B (7,25% BISF dalam ransum), C (10,15% BISF dalam ransum), dan D (13,05% BISF dalam ransum) masingmasing perlakuan di ulang 5 kali. Peubah yang diamati adalah: konsumsi ransum (g/ekor/hari), produksi telur harian (%), berat telur (g/butir), massa telur (g/ekor/hari) dan konversi ransum. Hasil analisis keragaman menunjukkan penggunaan bungkil inti sawit fermentasi (BISF) sampai level 13,05% dalam ransum ayam Arab memberikan pengaruh berbeda tidak nyata (P>0,05) terhadap konsumsi ransum, produksi telur harian, berat telur, massa telur, dan konversi ransum. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan bungkil inti sawit fermentasi (BISF) dengan Neurospora crassa sampai level 13,05% dalam ransum ayam Arab dapat mengurangi penggunaan kosentrat sebanyak 45%. Pada kondisi ini diperoleh konsumsi ransum 86,76 g/ekor/hari; produksi telur harian 46,33%; berat telur 45,92 g/butir; massa telur 21,24 g/ekor/hari dan konversi ransum 4,10. Kata kunci : BISF, Neurospora crassa , ayam Arab petelur, performa produksi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
S Agriculture > SF Animal culture
Unit atau Lembaga: Fakultas Perternakan > Produksi Ternak
Depositing User: Marina R kurniawan
Date Deposited: 29 Jan 2015 00:40
Last Modified: 29 Jan 2015 00:40
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/21723

Actions (login required)

View Item View Item