Repository Universitas Andalas

KINERJA PENYULUH KESEHATAN HEWAN PADA PUSAT KESEHATAN HEWAN DI KABUPATEN DHARMASRAYA (Studi Kasus Pusat Kesehatan Hewan (PUSKESWAN) di Kecamatan Pulau Punjung, Kabupaten Dharmasraya)

BRENZY, VEBBY LECHA (2014) KINERJA PENYULUH KESEHATAN HEWAN PADA PUSAT KESEHATAN HEWAN DI KABUPATEN DHARMASRAYA (Studi Kasus Pusat Kesehatan Hewan (PUSKESWAN) di Kecamatan Pulau Punjung, Kabupaten Dharmasraya). Other thesis, ANDALAS UNIVERSITY.

[img] PDF
Download (49Kb)
[img] PDF
Download (102Kb)
[img] PDF
Download (107Kb)

Abstract

i KINERJA PENYULUH KESEHATAN HEWAN PADA PUSAT KESEHATAN HEWAN DI KABUPATEN DHARMASRAYA (Studi Kasus Pusat Kesehatan Hewan (PUSKESWAN) Di Kecamatan Pulau Punjung, Kabupaten Dharmasraya) VEBBY LECHA BRENZY, dibawah bimbingan Ir, Amrizal Anas, MP dan Ediset, S.Pt, M.Si Bagian Pembangunan dan Bisnis Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Andalas Padang, 2014 ABSTRAK Penelitian ini dilaksanakan di Pusat Kesehatan Hewan di Kecamatan Pulau Punjung, Kabupaten Dharmasraya. Penelitian ini dilaksanakan selama 1 (satu) bulan, dimulai dari tanggal 2 Mei sampai 2 Juni 2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja dan kendala penyuluhan kesehatan hewan yang dilakukan pada pusat kesehatan hewan di Kecamatan Pulau Punjung. Metode dalam penelitian ini adalah metode studi kasus (Case Study) dengan menggunakan kuesioner. Data yang digunakan terdiri dari data primer dan sekunder. Responden dari penelitian ini adalah 5 orang pegawai Puskeswan Kecamatan Pulau Punjung dan peternak yang ditentukan dengan Quota yaitu 30 peternak dari jumlah rumah tangga peternak (RTP) yaitu 767 RTP metode pengambilan adalah dengan purposive sampling. Kinerja penyuluhan kesehatan hewan yang dilakukan pada Pusat Kesehatan Hewan di Kecamatan Pulau Punjung adalah sebagai berikut: Perencanaan penyuluhan kesehatan hewan yang dilakukan cukup baik dengan nilai 71,67 % (ketegori sedang). Pelaksanaan penyuluhan kesehatan hewan yang dilakukan cukup baik dengan nilai 78,89 % (ketegori sedang). Evaluasi penyuluhan kesehatan hewan yang dilakukan masih belum maksimal dengan nilai 45,85 % (ketegori rendah). Kendala yang di hadapi dalam penyuluhan kesehatan hewan yang dilakukan oleh Pusat Kesehatan Hewan di Kecamatan Pulau Punjung yaitu: Tidak tersosialisasinya program kerja penyuluh kesehatan hewan pada peternak, Belum lengkapnya sarana prasarana untuk penyuluh, lokasi penyuluhan yang kurang strategis dan sulitnya medan yang ditempuh, kurangnya partisipasi peternak saat melakukan penyuluhan dan sulitnya mengumpulkan peternak pada saat melakukan penyuluhan. Kendala yang dihadapi peternak dalam pelaksanaan penyuluhan kesehatan hewan adalah peternak dalam meluangkan waktunya dan penyuluh mengenai waktu dan tempat pelaksanaan penyuluhan, kurangnya partisipasi peternak dan hanya mendengarkan tidak ada umpan balik atau tanggapan dari peternak dan kemauan peternak untuk mendukung secara mutlak program-program yang dirancang dan ditentukan tujuannya oleh pemerintah. Kata Kunci : Kinerja Penyuluh, Kendala Penyuluh, Puskeswan,

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Unit atau Lembaga: Fakultas Perternakan > Teknologi Produksi Ternak
Depositing User: Mona M Chandra
Date Deposited: 29 Jan 2015 00:54
Last Modified: 29 Jan 2015 00:54
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/21747

Actions (login required)

View Item View Item