PAFRIAN, AFWANDI
(2014)
Tingkat Penggunaan Alat Keselamatan pada Pengguna
Sepeda Motor di Kota Padang
(Studi Kasus Jalan Raya Ampang Padang).
Other thesis, ANDALAS UNIVERSITY.
Abstract
ABSTRAK
Kesadaran pengguna sepeda motor dapat dilihat dari
tingkat penggunaan alat alat keselamatan kendaraan diantaranya
menggunakan helm,jaket, sarung tangan, sepatu dan menghidupkan
lampu lampu sepeda motor. Minimnya penggunaan alat keselamatan
pada pengguna sepeda motor mengakibatkan makin banyaknya
korban pada saat terjadinya kecelakaan. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui tingkat penggunaan alat keselamatan pada
pengguna sepeda motor untuk mengurangi resiko kecelakaan dan
membandingkan hubungan antara penggunaan alat keselamatan
dengan jenis kelamin pengguna sepeda mootr dengan metode chi
square. Lokasi penelitian adalah di jalan Raya Ampang kota Padang
dengan mengamati pengguna sepeda motor yang menggunakan alat
keselamatan helm, jaket, sepatu, sarung tangan dan menghidupkan
lampu pada siang hari pada jam sibuk dan tidak sibuk. Metode
survei menggunakan kamera video untuk merekam data yang akan
diteliti. Hasil penelitan diantaranya yaitu tingkat penggunaan helm
untuk pengguna sepeda motor yang paling tinggi adalah pada jam
tidak sibuk 09.30-10.45 dengan persentase 80,76%. Sedangkan
untuk pengendara saja yang paling banyak menggunakan helm
justru pada jam sibuk pagi 06.45-07.45 dengan persentase 92,34 %.
Penggunaan Jaket untuk keseluruhan tidak lebih dari 50% pengguna
sedangkan penggunaan sepatu lebih dari 50% pengguna. Pengendara
perempuan paling banyak menggunakan sarung tangan pada jam
tidak sibuk 09.30-10.30 dengan persentase 18,43%. Dan yang
menghidupkan lampu untuk keseluruhan hanya kurang 13%, Hasil
uji statistik dengan menggunakan metode Chi Square secara
keseluruahn pada jam sibuk dan tidak sibuk untuk pengendara
dalam penggunaan alat keselamatan diperoleh hubungan antara
variabel terhadap alat keselamatan adalah 64 % penggunaan alat
keselamatan tergantung dari jenis kelamin dan 36 % penggunaan
alat keselamatan tidak tergantung dari jenis kelamin. Sedangkan
untuk pengendara adalah 54 % penggunaan alat keselamatan tidak
tergantung dari jenis kelamin dan 46% penggunaan alat keselamatan
tergantung dari jenis kelamin.
Kata Kunci : Alat Keselamatan, Sepeda Motor, uji statistik Chi
Square (χ²)
Actions (login required)
|
View Item |