Repository Universitas Andalas

KONSEP DIRI GAMERS (STUDI DESKRIPTIF PADA AVATAR GAME PERFECT WORLD DI PADANG)

Surniyanti, Erna (2014) KONSEP DIRI GAMERS (STUDI DESKRIPTIF PADA AVATAR GAME PERFECT WORLD DI PADANG). Other thesis, andalas university.

[img]
Preview
PDF
Download (529Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (534Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (544Kb) | Preview

Abstract

ABSTRAK KONSEP DIRI GAMERS: STUDI DESKRIPTIF PADA AVATAR GAME PERFECT WORLD DI KOTA PADANG OLEH ERNA SURNIYANTI 0910861001 PEMBIMBING: Dra. Dwiyanti Hanandini, M,Si Yayuk Lestari, S. Sos, M.A Teknologi komunikasi dan internet memberikan kesempatan bagi semua orang untuk mengakses berbagai informasi dari dunia maya. Sebagai penduduk dunia maya, setiap pengguna memiliki identitas diri yang menunjukkan keberadaan pengguna internet, dengan mengunakan avatar yang dikenal sebagai pemeran pengganti maya atau representasi “real life” dari komunikator di dunia maya. Identitas di dunia maya tidak bisa lagi dibedakan. Laki-laki bisa menjadi perempuan begitu pula sebaliknya, inilah yang disebut dengan “gender surfing”. Penelitian ini mendeskripsikan mengenai konsep diri yang digunakan oleh para gamers dalam pemilihan avatar mereka pada game online Perfect Worlds. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teori person centered dari Carl Rogers yang merupakan salah satu teori dari psikologi humanistik yang menjelaskan bahwa setiap individu benar menurut pandangan mereka sendiri. Individu menentukan apa yang ingin mereka lakukan dalam hidupnya sesuai dengan konsep diri yang mereka miliki. Konsep utama teori ini adalah self yang terdiri dari struktur self dan ideal self. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setiap orang yang memasuki dunia maya memakai berbagai identitas diri yang disesuaikan dengan konsep diri yang dimiliki. Kemudian konsep diri tersebut direpresentasikan melalui avatar yang dibuat sebagai bentuk perwujudan dengan menggunakan identitas baru. Penggunaan avatar merupakan bentuk pelampiasan ketidakpuasan diri. Para pengguna internet bisa melakukan hal yang biasanya tidak bisa mereka lakukan di dunia nyata lewat avatar mereka. Penggunaan avatar tersebut menggambarkan bentuk struktur self yaitu diri yang sebenarnya dan ideal self yaitu diri yang diinginkan setiap penggunanya. Kata kuci: Konsep Diri, Avatar, Struktur Self, Ideal Self, Gender Surfing v

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Depositing User: deni d irawan
Date Deposited: 29 Jan 2015 00:48
Last Modified: 29 Jan 2015 00:48
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/21759

Actions (login required)

View Item View Item