SIRMAN, NOFERU
(2014)
MODEL BANGKITAN LALU LINTAS UNTUK
KAWASAN PERKANTORAN DI KOTA PADANG.
Other thesis, ANDALAS UNIVERSITY.
Abstract
ABSTRAK
Jumlah penduduk yang terus bertambah dan peningkatan
aktivitas perekonomian masyarakat menuntut pembangunan yang terus
menerus pada sebuah kota. Hal ini menyebabkan perubahan pola tata
guna lahan pada suatu kawasan dan akan menyebabkan perubahan
pada sistem lalu lintas. Tugas akhir ini menjelaskan tentang model
bangkitan lalu lintas untuk kawasan perkantoran di Kota Padang. Objek
studi dari tugas akhir ini terdiri dari 15 kantor yang tersebar di Kota
Padang. Data tentang luas tanah (LT), luas bangunan (LB), luas parkir
(LP), dan jumlah pegawai (JP) merupakan data sekunder yang
didapatkan dari pihak kantor. Untuk data tentang jumlah sepeda motor
(JSM), jumlah kendaraan pribadi roda empat (JKR4,) dan jumlah
kendaraan umum (JKU) didapatkan dari survey pencacahan lalu lintas.
Model bangkitan lalu lintas di peroleh dengan cara analisis regresi
dengan menggunakan metode coba-coba. Kemudian dari analisis
tersebut akan diperoleh model yang paling optimum untuk setiap
persamaan model. Untuk semua kondisi dan alternatif persamaan
model, model yang paling optimum adalah model dengan variabel
terikat Jumlah Kendaraan Pribadi Roda Empat (JKR4) karena
mempunyai nilai koefisien determinasi (R2) yang besar dibandingkan
dengan variabel terikat lainnya (tarikan pada jam puncak R2= 0,61538,
produksi pada jam puncak R2= 0,57877.
Kata Kunci : bangkitan lalu lintas, kawasan perkantoran, analisis
regresi
Actions (login required)
|
View Item |