Repository Universitas Andalas

DAMPAK EKONOMIS CALVING INTERVAL PADA USAHA PETERNAKAN SAPI BALI (Studi Kasus Kelompok Tani Ternak Sakinah Sapi Bali Di Kecamatan Linggo Sari Baganti Di Kabupaten Pesisir Selatan)

RINALDO, JEKI (2014) DAMPAK EKONOMIS CALVING INTERVAL PADA USAHA PETERNAKAN SAPI BALI (Studi Kasus Kelompok Tani Ternak Sakinah Sapi Bali Di Kecamatan Linggo Sari Baganti Di Kabupaten Pesisir Selatan). Other thesis, ANDALAS UNIVERSITY.

[img] PDF
Download (48Kb)
[img] PDF
Download (97Kb)
[img] PDF
Download (152Kb)

Abstract

i Dampak Ekonomis Calving Interval Pada Usaha Peternakan Sapi Bali (Studi Kasus Kelompok Tani Ternak Sakinah di Kecamatan Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan) JEKI RINALDO, dibawah bimbingan Dr,Ir,Hj, Dwi Yuzaria,SE dan Mohammad Ikhsan Rias, SE,M.Si Bagian Pembangunan dan Bisnis Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Andalas Padang, 2014 ABSTRAK Penelitian ini dilakukan pada kelompok tani ternak Sakinah di Kecamatan Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini dilaksanakan selama satu bulan dari 23 Desember 2013 sampai dengan 22 Januari 2014. Tujuan penelitian adalah mengetahui karakteristik dan dampak ekonomis Calving Interval (CI) pada usaha peternakan sapi bali pada kelompok tani ternak Sakinah di Kecamatan Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini menggunakan studi kasus. Data yang digunakan terdiri dari data primer dan data sekunder. Responden pada penelitian ini adalah 20 peternak pada kelompok tani ternak Sakinah di Kecamatan Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan. Variabel yang diamati yaitu karakteristik dan dampak ekonomis calving interval. Berdasarkan karakteristik peternak pada kelompok tani ternak Sakinah di Kecamatan Linggo Sari Baganti peternak berada pada usia produktif, berpendidikan SMA, pengalaman beternak lebih dari 5 tahun dengan pekerjaan utama adalah sebagai petani. Angka rata-rata calving interval (CI) pembibitan sapi bali yang didapatkan pada kelompok tani ternak Sakinah di Kecamatan Linggo Sari Baganti adalah sebesar 1,33 tahun yang mennjukkan bahwa terjadi kelebihan 4 bulan masa calving interval (CI) yang seharusnya 1 tahun. Pendapatan kelompok tani ternak Sakinah di Kecamatan Linggo Sari Baganti sebelum dikurang kelebihan biaya calving interval (CI) adalah sebesar Rp 74.255.703,30/Tahun, biaya untuk 4 bulan kelebihan calving interval (CI) adalah sebesar Rp 67.495.773,90/tahun. Pendapatan kelompok tani ternak Sakinah di Kecamatan Linggo Sari Baganti setelah di kurang biaya calving interval (CI) adalah sebesar Rp 6.759.929,40/Tahun, dengan demikian menunjukkan bahwa semakin lama calving interval (CI) maka semakin besar biaya yang di keluarkan oleh peternak untuk membiayai usaha peternakan tersebut dan semakin rendah pula keuntungan yang di peroleh peternak. Kata Kunci : Dampak Ekonomi, Calving Interval, Sapi Bali

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
S Agriculture > SF Animal culture
Unit atau Lembaga: Fakultas Perternakan > Teknologi Produksi Ternak
Depositing User: Mona M Chandra
Date Deposited: 21 Jan 2015 03:52
Last Modified: 21 Jan 2015 03:52
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/21765

Actions (login required)

View Item View Item