Repository Universitas Andalas

KECERNAAN BAHAN KERING, BAHAN ORGANIK DAN SERAT KASAR SECARA In-Vitro DARI SERBUK BATANG KELAPA SAWIT YANG DIHIDROLISIS DENGAN ENZIM SELULASE TERMOSTABIL

IKEDA, KUMI (2014) KECERNAAN BAHAN KERING, BAHAN ORGANIK DAN SERAT KASAR SECARA In-Vitro DARI SERBUK BATANG KELAPA SAWIT YANG DIHIDROLISIS DENGAN ENZIM SELULASE TERMOSTABIL. Other thesis, ANDALAS UNIVERSITY.

[img] PDF
Download (21Kb)
[img] PDF
Download (81Kb)
[img] PDF
Download (228Kb)

Abstract

KECERNAAN BK, SK, DAN BO SECARA In-Vitro DARI BATANG KELAPA SAWIT YANG DIHIDROLISIS DENGAN ENZIM SELULASE TERMOSTABIL Kumi Ikeda1, Yetti Marlida2 dan Yuliaty Shafan Nur3 1) Mahasiswa Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan Universitas Andalas Padang, 2014 2) Dosen pembimbing I, Dosen pengajar Nutrisi dan Teknologi Pakan, Fakultas Peternakan Universitas Andalas Kampus Limau Manis, Padang 3) Dosen pembimbing II, Dosen pengajar Nutrisi dan Teknologi Pakan, Fakultas Peternakan Universitas Andalas Kampus Limau Manis, Padang ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk melihat interaksi konsentrasi serbuk batang kelapa sawit dan dosis enzim selulase terhadap kecernaan BK, BO, dan SK secara in-vitro. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan Rancangan Acak Kelompok (RAK) pola faktorial 2x3 dengan 3 ulangan. Faktor pertama adalah konsentrasi serbuk batang kelapa sawit yang dihidrolisis dengan enzim selulase termostabil yaitu: A1 : 40 gr/100 ml larutan buffer phospat dan A2 : 60 gr/ 100 ml larutan buffer phospat. Faktor kedua, dosis enzim yaitu: B1 : 250 U/ml, B2 : 500 U/ml dan B3 : 750 U/ml. Peubah yang diamati adalah : kecernaan BK, BO, dan SK. Berdasarkan hasil analisis keragaman menunjukkan bahwa adanya interaksi yang berbeda nyata (P<0,05) antara konsentrasi serbuk batang kelapa sawit dan dosis enzim selulase terhadap kecernaan BK, BO, dan SK, sedangkan masing-masing faktor memperlihatkan perbedaan yang sangat nyata (P<0,01). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa konsentrasi batang kelapa sawit 60 gr/ 100 ml larutan buffer phospat dan dosis enzim selulase 750 U/ml menghasilkan kecernaan BK 60,64%, BO 63,27%, dan SK 64,38%. Kata kunci : Batang kelapa sawit, hidrolisis, enzim selulase, kecernaan BK, BO, SK, in-vitro.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
S Agriculture > SF Animal culture
Unit atau Lembaga: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Mona M Chandra
Date Deposited: 29 Jan 2015 00:50
Last Modified: 29 Jan 2015 00:50
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/21824

Actions (login required)

View Item View Item