Repository Universitas Andalas

KECERNAAAN BAHAN KERING, BAHAN ORGANIK DAN PROTEIN KASAR SECARA In-Vitro DARI PRODUK FERMENTASI AMPAS TEBU DENGAN FUNGI Ganoderma lucidum

ANDIKA, ROKI (2014) KECERNAAAN BAHAN KERING, BAHAN ORGANIK DAN PROTEIN KASAR SECARA In-Vitro DARI PRODUK FERMENTASI AMPAS TEBU DENGAN FUNGI Ganoderma lucidum. Other thesis, ANDALAS UNIVERSITY.

[img] PDF
Download (25Kb)
[img] PDF
Download (6Kb)
[img] PDF
Download (89Kb)

Abstract

KECERNAAN BAHAN KERING, BAHAN ORGANIK DAN PROTEIN KASAR SECARA In-Vitro DARI PRODUK FERMENTASI AMPAS TEBU DENGAN FUNGI Ganoderma lucidum Roki Andika, dibawah bimbingan Dr. Ir. Fauzia Agustin, MS dan Ir. Hj. Jurnida Rahman, MS Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan Universitas Andalas, Padang 2014 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan hasil produk fermentasi ampas tebu (bagasse) dengan fungi Ganoderma lucidum yang terbaik dalam meningkatkan kecernaan bahan kering, bahan organik dan protein kasar secara in-vitro. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Ruminansia menggunakan metode Rancangan Acak Kelompok (RAK). Perlakuan yang digunakan adalah produk fermentasi ampas tebu dengan fungi Ganoderma lucidum dengan lama fermentasi yang berbeda yaitu: A: Ampas tebu tanpa fermentasi, B: ampas tebu fermentasi selama 2 minggu, C: ampas tebu fermentasi selama 4 minggu dan D: ampas tebu fermentasi selama 6 minggu dengan 4 ulangan. Parameter yang diamati yaitu kecernaan bahan kering (BK), bahan organik (BO) dan protein kasar (PK). Produk fermentasi 6 minggu memberikan pengaruh yang sangat nyata (P<0,01) lebih tinggi dibandingkan perlakuan tanpa fermentasi dengan nilai kecernaan bahan kering tanpa fermentasi 42,18 % setelah fermentasi 49,41 %, kecernaan bahan organik 41,50 % setelah fermentasi 49,93 % dan kecernaan protein kasar 34,23 % setelah fermentasi menjadi 42,88 %. Kecernaan bahan kering, kecernaan bahan organik dan kecernaan protein kasar secara in-vitro dari produk fermentasi ampas tebu dengan fungi Ganoderma lucidum yang terbaik adalah pada lama fermentasi 6 minggu dengan nilai kecernaan BK 49,41 %, BO 51,57 % dan PK 50,14 %. Kata kunci: Ganoderma lucidum, ampas tebu, fermentasi, in-vitro.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Unit atau Lembaga: Fakultas Perternakan > Produksi Ternak
Depositing User: Mona M Chandra
Date Deposited: 29 Jan 2015 00:52
Last Modified: 29 Jan 2015 00:52
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/21882

Actions (login required)

View Item View Item