CENERY,, JELISYE PUTRI
(2014)
PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PESERTA ASURANSI JIWA DI
PT. BUMI PUTERA
CABANG PARIAMAN.
Other thesis, andalas university.
Abstract
PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PESERTA ASURANSI JIWA
DI PT. BUMI PUTERA CABANG PARIAMAN
ABSTRAK
Seiring dengan kemajuan teknologi pada saat ini, segala gerak manusia
dijalankan dengan alat modern, sebagai akibat dari kemajuan ini kemungkinan
kecelakaan yang memakan dan mengancam keselamatan jiwa manusiapun
semakin besar. Oleh karena itu, asuransi jiwa mempunyai peranan penting untuk
melindungi jiwa seseorang dari malapetaka yang mungkin timbul, yang belum
diketahui sebelumnya serta tidak dikehendaki oleh setiap manusia.
Dari latar belakang tersebut, maka timbulah permasalahan yang penulis
jadikan pembahasan pokok dalam tesis ini yaitu bagaimanakah pelaksanaan
pembayaran asuransi jiwa pada PT. Bumi Putera, apakah perlindungan hukum
bagi peserta asuransi jiwa yang diberikan oleh PT. Bumi Putera telah sesuai
dengan aturan perundang-undangan yang berlaku, apa saja kendala-kendala yang
ditemukan di lapangan dan bagaimana upaya mengatasinya.
Untuk menjawab pertanyaan tersebut, penelitian yang digunakan adalah
pendekatan yuridis sosiologis dengan lokasi penelitian PT. Bumi Putera Cabang
Pariaman dan peserta asuransi jiwa, metode dan alat pengumpulan data adalah
wawancara, studi dokumen dan kuisioner. Kemudian data diolah secara editing
dan koding kemudian data dianalisis secara kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang penulis lakukan dapat
diketahui bahwa pelaksanaan asuransi jiwa dimulai dengan pelaporan, melengkapi
surat menyurat, membuat kronologis kejadian, meminta persetujuan Kepala
Cabang, mengirimkan laporan ke kantor pusat, dan setelah itu melaksanakan
pembayaran santunan.
Perlindungan hukum yang diberikan oleh PT. Bumi Putera telah sesuai
dengan ketentuan perundang-undangan seperti memberikan informasi yang benar,
lengkap, pelayanan yang tidak diskriminatif. Adapun kendala-kendala yang
dihadapi dalam pelaksanaan klaim dan perlindungan hukum adalah petugas klaim
yang sedikit, keterlambatan tertanggung dalam pelaporan klaim, tertanggung tidak
melengkapi syarat-syarat yang diperlukan, serta tertanggung terkadang sering
tidak memahami isi polis.
Actions (login required)
|
View Item |