Repository Universitas Andalas

RESPON MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG DI UNIVERSITAS ANDALAS : STUDI TENTANG PENERIMAAN HURUF HIRAGANA DAN KATAKANA

Devi, Rima (2014) RESPON MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG DI UNIVERSITAS ANDALAS : STUDI TENTANG PENERIMAAN HURUF HIRAGANA DAN KATAKANA. Working Paper. Fakultas Sastra. (Unpublished)

[img] PDF (RESPON MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG DI UNIVERSITAS ANDALAS : STUDI TENTANG PENERIMAAN HURUF HIRAGANA DAN KATAKANA) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9Kb)

Abstract

Dalam penelitian ini dijelaskan reaksi mahasiswa di Universitas Andalas, khususnya mahasiswa non sastra Jepang yang mengambil mata kuliah pilihan bahasa Jepang tentang penerimaan mereka terhadap huruf hiragana dan katakana. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan cara menyebarkan kuisioner kepada mahasiswa. Kemudian , dianalisis untuk mendapatkan satu kesimpulan. Hasil yang diperoleh adalah bahwa respon mahasiswa terhadap bahasa Jepang sangat baik tetapi pada penerimaan huruf hiragana dan katakana mahasiswa mengalami kesulitan-kesulitan seperti sulitnya menghafal huruf tersebut, perlu waktu yang lama untuk mempelajarinya dan mahasiswa kesulitan dalam mempelajari kalimat yang ditulis dengan huruf hiragana dan katakana. Dari hasil penelitian ini ternyata pembelajaran huruf hiragana dan katakana kurang efektif jika dipelajari dalam waktu yang singkat karena pembelajar akan terfokus pada huruf saja tidak pada kemampuan dalam berbahasa Jepang secara keseluruhan.

Item Type: Monograph (Working Paper)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Jepang
Depositing User: SSi Renny Pebrica
Date Deposited: 04 Jun 2010 02:32
Last Modified: 13 Aug 2015 01:57
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/2190

Actions (login required)

View Item View Item