Repository Universitas Andalas

UJI AKTIVITAS ANTIDIABETES SENYAWA TINOKRISPOSID DARI BATANG BROTOWALI (Tinosporacrispa (L.) Miers) TERHADAP MENCIT PUTIH JANTAN DENGAN METODA TES TOLERANSI GLUKOSA ORAL DILANJUTKAN INDUKSI ALOKSAN

SARI, SINTIA INDAH (2014) UJI AKTIVITAS ANTIDIABETES SENYAWA TINOKRISPOSID DARI BATANG BROTOWALI (Tinosporacrispa (L.) Miers) TERHADAP MENCIT PUTIH JANTAN DENGAN METODA TES TOLERANSI GLUKOSA ORAL DILANJUTKAN INDUKSI ALOKSAN. Other thesis, andalas university.

[img]
Preview
PDF
Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (12Kb) | Preview

Abstract

ABSTRAK Telah dilakukan penelitian uji efek antidiabetes senyawa tinokrisposid dari batang brotowali (Tinospora crispa (L) Miers) pada mencit putih jantan dengan metoda Tes toleransi glukosa oral dilanjutkan induksi aloksan. Pada Tes toleransi glukosa oral diberikan senyawa tinokrisposid dengan dosis 5, 10 dan 20 mg/kg BB. Pengukuran kadar glukosa darah dilakukan setiap 30 menit selama 150 menit. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan pemberian senyawa tinokrisposid pada semua kelompok dosis dapat meningkatkan toleransi glukosa dibanding kelompok kontrol negatif (Sig < 0,05). Peningkatan toleransi glukosa yang optimal terjadi pada dosis 20 mg/kg BB. Pada metoda induksi aloksan diberikan senyawa tinokrisposid dosis10, 20 dan 40 mg/kg BB secara oral selama 7 hari. Aloksan diberikan dengan dosis 200 mg/kg BB secara intraperitonial. Parameter yang diukur pada mencit diabetes adalah kadar glukosa darah hari ke-0, ke-1, ke-4 dan ke-7, berat badan setiap hari, volume urin 48 jam, dan volume minum 24 jam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian senyawa tinokrisposid dapat menurunkan kadar glukosa darah mencit diabetes secara signifikan (Sig < 0,05) dan dapat memperbaiki berat badan (Sig < 0,05). Namun tidak mempengaruhi voume urin dan volume air minum (Sig > 0,05). Efek optimal terlihat pada dosis 20 mg/kg BB.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Unit atau Lembaga: Fakultas Farmasi
Depositing User: deni d irawan
Date Deposited: 29 Jan 2015 00:53
Last Modified: 29 Jan 2015 00:53
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/21942

Actions (login required)

View Item View Item