Repository Universitas Andalas

PERANAN LEMBAGA PENJAMIN SIMPANAN DALAM MEMBERIKAN PERLINDUNGAN NASABAH TERHADAP DILIKUIDASINYA PT BPR SALIMPAUNG SEPAKAT DI TANAH DATAR

LUVITASARI, VINDA (2014) PERANAN LEMBAGA PENJAMIN SIMPANAN DALAM MEMBERIKAN PERLINDUNGAN NASABAH TERHADAP DILIKUIDASINYA PT BPR SALIMPAUNG SEPAKAT DI TANAH DATAR. Other thesis, andalas university.

[img]
Preview
PDF
Download (28Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (65Kb) | Preview

Abstract

PERANAN LEMBAGA PENJAMIN SIMPANAN DALAM MEMBERIKAN PERLINDUNGAN NASABAH TERHADAP DILIKUIDASINYA PT BPR SALIMPAUNG SEPAKAT DI TANAH DATAR (Vinda Luvitasari, 1010112111, Fakultas Hukum Universitas Andalas, 2014, 69 halaman) ABSTRAK Bank adalah suatu bisnis dengan modal kepercayaan. Dalam pelaksanaannya bank dapat mengalami masalah yang menimbulkan bank tersebut dikategorikan sebagai bank gagal untuk melaksanankan kewajiban-kewajibannya. Untuk melindungi para nasabah dan deposan dananya yang ditempatkan pada bank, maka pemerintah mendirikan suatu badan yang dinamakan Lembaga Penjamin Simpanan dengan diberlakukannya Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2004. Adapun permasalahan yang diangkat yaitu: a) Bagaimana pelaksanaan penjaminan simpanan nasabah pada bank gagal didalam memberikan perlindugam hukum di PT BPR Salimpaung Sepakat? b) Bagaimana bentuk tanggung jawab Direksi dalam likuidasi PT BPR Salimpaung Sepakat? c) Apakah kendala-kendala yang dihadapi dalam penyelesaian simpanan nasabah di PT BPR Salimpaung Sepakat dan bagaimana upaya penyelesaiannya?. Metode yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah yuridis sosiologis. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pelaksanaan penjaminan simpanan nasabah terhadap bank bermasalah didalam memberikan perlindungan hukum di PT BPR Salimpaung Sepakat terlebih dahulu dilakukan audit oleh auditor independent dan dari hasil audit oleh auditor independent baru dapat dilaksanakan pembayaran penjaminan LPS terhadap nasabah penabung dan deposan yang jumlah tabungannya dengan nominal paling tinggi Rp 2 milyar, bentuk tanggung jawab Direksi dalam Likuidasi PT BPR Salimpaung Sepakat sampai saat ini masih berlangsung dilakukan verifikasi oleh Tim Likuidasi LPS dan Bank Indonesia, sedangkan kendala-kendala yang dihadapi dalam penyelesaian simpanan nasabah di PT BPR Salimpaung Sepakat dan upaya penyelesaiannya antara lain: a) Terhadap perbedaan spesimen dan nama di buku tabungan penyelesaian pembayaran penjaminannya dengan meminta surat keterangan dari Tim Likuidasi LPS. b) Terhadap nasabah yang tidak dapat dibayarkan penjaminannya karena adanya bunga diatas ketentuan LPS dan nasabah yang mempunyai kredit macet, maka penyelesaiannya dengan memberikan penjelasan dan pengertian atas tidak dibayarkannya penjaminan tersebut oleh LPS.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: deni d irawan
Date Deposited: 29 Jan 2015 00:52
Last Modified: 29 Jan 2015 00:52
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/21947

Actions (login required)

View Item View Item