Repository Universitas Andalas

PARTIKEL YO DALAM DRAMA SAMURAI HIGH SCHOOL

Zulia, Dewira (2014) PARTIKEL YO DALAM DRAMA SAMURAI HIGH SCHOOL. Other thesis, andalas university.

[img]
Preview
PDF
Download (29Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (358Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (432Kb) | Preview

Abstract

ABSTRAK PARTIKEL YO DALAM DRAMA SAMURAI HIGH SCHOOL Oleh: Dewira Zulia Partikel dalam bahasa Jepang terdiri dari 4 jenis, yaitu kakujoshi, fukujoshi, setsuzokujoshi, dan shuujoshi. Partikel yo termasuk ke dalam jenis shuujoshi. Shuujoshi adalah partikel yang dipakai di akhir bagian kalimat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan kuantitatif bersifat deskriptif. Data penelitian ini diperoleh dari sebuah drama Jepang yang berjudul Samurai High School. Pada tahap pengumpulan data, penelitian ini menggunakan metode simak dengan Teknik Simak Bebas Libat Cakap (SBLC). Tahap analisis data penelitian ini menggunakan metode padan pragmatis, dan pada tahap penyajian hasil analisis data menggunakan metode formal dan informal. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah merangkum dari teori dan penelitian yang sudah ada, yaitu teori dari Naoko (2008), Chandra (2009), Sugihartono (2001), dan Sudjianto (2007), mengenai fungsi partikel yo, dan teori SPEAKING Etnografi Komunikasi oleh Dell Hymes (1973). Peneliti merangkum dari 4 peneliti sebelumnya menjadi 6 fungsi partikel yo yang terdapat dalam drama yang berjudul Samurai High School, yaitu: (1) Menunjukkan penegasan dari pendapat si pembicara sebanyak 7 data, (2) mengajak untuk perbuatan sebagai rangkaian dari suatu perbuatan yang lain sebanyak 6 data, (3) menunjukkan perasaan yang tegas pada kalimat perintah dan larangan sebanyak 5 data, (4) digunakan untuk menunnjukkan perasaan keberatan atau mencela sebanyak 3 data, (5) menunjukkan sikap marah pada lawan bicara sebanyak 3 data, dan (6) menunjukkan suatu permohonan sebanyak 1 data. Pada penelitian ini juga ditemukan faktor etnografi komunikasi pemakaian partikel yo dalam bahasa Jepang terdapat pada konteks SPEAKING; setting (di dalam kelas, di lapangan sekolah, kebersamaan keluarga di rumah, di jalan menuju sekolah dengan suasana tegang dan marah), participants (hubungan akrab), ends (penegasan pendapat, mengajak, perintah, ledekan, marah dan permohonan), act sequence (membentak, membantu, penekanan, memohon, dan marah), key (dengan ledekan, menarik tangan, nada yang serius dan sopan, meminta penjelasan, menundukkan badan, dan kalimat kasar), instrumentalis (jalur lisan dan tindakan), norm of interaction (berupa penekanan, ajakan, bertanya langsung, merasa prihatin, ungkapan sikap marah) dan genres (dialog). Kata kunci: Partikel, partikel yo, sosiopragmatik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Jepang
Depositing User: deni d irawan
Date Deposited: 29 Jan 2015 00:55
Last Modified: 29 Jan 2015 00:55
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/21958

Actions (login required)

View Item View Item