KURNIADI, AULIA
(2014)
PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY
(CSR) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN
KINERJA KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING.
Other thesis, andalas university.
Abstract
Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR)
Terhadap Nilai Perusahaan dengan Kinerja Keuangan
Sebagai Variabel Moderating
Skripsi oleh: Aulia Kurniadi
Pembimbing: Dra. Hj. Sri Daryanti Zen, MBA, Ak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris terhadap pengujian
pengaruh pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap nilai
perusahaan (Tobin’s Q) dan moderasi kinerja keuangan (ROE) pada hubungan
keduanya. Variabel yang digunakan adalah Tobin’s Q sebagai variabel dependen,
indeks pengungkapan CSR sebagai variabel independen, dan Return on Equity
(ROE) sebagai variabel moderating. Jenis data yang digunakan adalah data
sekunder. Objek penelitian yaitu laporan tahunan perusahaan periode 2009-2011,
ICMD 2012, dan laporan keuangan periode 2010-2012 pada perusahaanperusahaan
yang berhubungan dengan sumber daya alam yang terdaftar di BEI.
Sampel dalam penelitian ini berjumlah 149 observasi dengan metode pengumpulan
sampel yaitu purposive sampling method. Metode analisis yang digunakan adalah
uji asumsi klasik, analisis regresi linear sederhana, dan analisis regresi linear
berganda. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan koefisien
determinasi, uji F dan uji t. Hasil dari penelitian ini adalah Corporate Social
Responsibility (CSR) berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan,
sedangkan kinerja keuangan (ROE) tidak mampu memoderasi hubungan antara
pengungkapan CSR dengan nilai perusahaan.
Kata Kunci: Corporate Social Responsibility (CSR), nilai perusahaan, Tobin’s Q,
Return on Equity (ROE), purposive sampling method
Actions (login required)
|
View Item |