Repository Universitas Andalas

Joshi Wa dan Ga dalam Minna No Nihongo I dan II

Idrus, Idrus and Devi, Rima and Adrianis, Adrianis and Putri, Dani Enzimar and Yusri, Lady Diana (2014) Joshi Wa dan Ga dalam Minna No Nihongo I dan II. Working Paper. Fakultas Sastra. (Unpublished)

[img] Microsoft Word (Joshi Wa dan Ga dalam Minna No Nihongo I dan II) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (28Kb)

Abstract

Penutur bahasa jepang, termasuk mahasiswa Sastra Jepang Fakultas Sastra Universitas Andalas, seringkali menggunakan joshi wa pada kalimat yang seharusnya dipakaikan joshi ga atau sebaliknya. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan konsep makna dan fungsi joshi wa dan ga. Olkeh karena buku pegangan wajib mahasiswa Sastra Jepang adalah Minna No Nihongo I dan II, maka penelitian tentang makna dan fungsi joshi wa dan ga pada buku tersebut perlu dilakukan untuk mempermudah mengajarkan makna dan fungsi joshi wa dan ga tersebut. Dengan berpatokan pada data kalimat yang dikumpulkan dari buku Minna No Nihongo I dan II, didapatkan rumusan aturan pemakaian joshi wa dan ga ini sebagai berikut : a. joshi wa 2) sebagai pemarkah topik (subjek) 3) untuk menyatakan keberadaan suatu hal atau orang yang sama-sama sudah diketahui oleh pembicara dan lawan bicara 4) untuk menanyakan tempat keberadaan suatu benda 5) untuk menyatakan perbandingan 6) untuk menunjukkan jumlah perkiraan minimum yang diletakkan setelah kata bantu bilangan b. joshi ga 1) pemarkah subjek 2) untuk menyatakan keberadaan benda atau orang 3) untuk menunjukkan kemampuan atau kesanggupan 4) untuk menghubungkan 2 kalimat yang menyatakan pertentangan 5) dipakai pada kalimat yang predikatnya verba potensial 6) menunjukkan subjek pada anak kalimat. Berdasarkan angket yang disebarkan kepada mahasiswa tingkat II, III dan IV ditemukan fenomena unik, yaitu tingkat pemahaman mahasiswa tingkat II ternyata lebih tinggi dari pada mahasiswa tingkat IV dan III. Tingkat pemahaman pemakaian joshi wa dan ga terendah juga berasal dari mahasiswa tingkat II. Dalam mempelajari bahasa seharusnya semakin lama seseorang belajar, semakin luas pula pengetahuan akan bahasa tersebut dan semakin cakap pula mempergunakan.

Item Type: Monograph (Working Paper)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Jepang
Depositing User: SSi diana zulyetti
Date Deposited: 04 Jun 2010 02:31
Last Modified: 13 Aug 2015 01:57
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/2198

Actions (login required)

View Item View Item