Repository Universitas Andalas

PENETAPAN ALOKASI DAN DISTRIBUSI AIR IRIGASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CROPWAT PADA DAERAH IRIGASI KARYA MANDIRI SUNGAI JANIAH KABUPATEN AGAM

SHIDDIQ, HASBI ASH (2014) PENETAPAN ALOKASI DAN DISTRIBUSI AIR IRIGASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CROPWAT PADA DAERAH IRIGASI KARYA MANDIRI SUNGAI JANIAH KABUPATEN AGAM. Other thesis, andalas university.

[img]
Preview
PDF
Download (95Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (89Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (147Kb) | Preview

Abstract

ABSTRAK HASBI ASH SHIDDIQ. Penetapan Alokasi dan Distribusi Air Irigasi dengan Menggunakan Model Cropwat pada daerah irigasi Karya Mandiri Sungai Janiah Kabupaten Agam. Dibimbing oleh ERI GAS EKAPUTRA dan DELVI YANTI Penelitian ini bertujuan untuk merencanakan alokasi dan pendistribusian air irigasi dengan membuat beberapa alternatif pemanfaatan air irigasi pada daerah irigasi Karya Mandiri supaya lebih efektif dan efisien. Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus sampai bulan Oktober di Jorong Sungai Janiah Kanagarian Tabek Panjang Kecamatan Baso Kabupaten Agam. Nilai kebutuhan air irigasi dihitung menggunakan model Cropwat. Selanjutnya dibuat neraca kebutuhan dengan memperhatikan debit andalan. Dalam penelitian ini direncanakan 4 alternatif rencana kebutuhan air irigasi. Dari keempat alternatif tersebut dipilih kebutuhan air irigasi yang paling minimum kemudian ditetapkan alokasi dan distribusi air irigasinya. Analisis grafik neraca air menunjukkan keempat alternatif yang dibuat terpenuhi kebutuhan air irigasi. Alternatif yang terpilih adalah alternatif 4 yaitu pola tanam yang pengolahan tanahnya dilakukan pada bulan November untuk musim tanam I dan pada bulan Mei untuk musim tanam II dengan sistem alokasi dan distribusi air secara kearifan lokal yang diberikan sesuai kebutuhan. Kata Kunci : alokasi, distribusi, kebutuhan air irigasi, neraca air.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: deni d irawan
Date Deposited: 29 Jan 2015 00:57
Last Modified: 29 Jan 2015 00:57
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/22105

Actions (login required)

View Item View Item