Repository Universitas Andalas

ANALISIS CARDIAC FREQUENCY PADA SINYAL PHOTOPLETHYSMOGRAPH (PPG) UNTUK MENDETEKSI KELAINAN DETAK JANTUNG MENGGUNAKAN FAST FOURIER TRANSFORM (FFT)

MEITIZA, MEITIZA (2014) ANALISIS CARDIAC FREQUENCY PADA SINYAL PHOTOPLETHYSMOGRAPH (PPG) UNTUK MENDETEKSI KELAINAN DETAK JANTUNG MENGGUNAKAN FAST FOURIER TRANSFORM (FFT). Other thesis, ANDALAS UNIVERSITY.

[img]
Preview
PDF
Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (41Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (44Kb) | Preview

Abstract

ABSTRAK ANALISIS CARDIAC FREQUENCY PADA SINYAL PHOTOPLETHYSMOGRAPH (PPG) UNTUK MENDETETEKSI KELAINAN DETAK JANTUNG MENGGUNAKAN FAST FOURIER TRANSFORM (FFT) Oleh Meitiza 0910453053 Pendeteksian detak jantung menjadi bagian terpenting dalam melakukan pemeriksaan kondisi jantung. Sinyal photoplethysmograph digunakan untuk monitoring detak jantung dengan melihat perubahan volume darah dalam pembuluh darah. Hasil dari pendeteksian detak jantung diperoleh melalui analisis frekuensi detak jantung pada sinyal photoplethysmograph dengan metode Fast Fourier Transform (FFT). Metode FFT digunakan untuk memperoleh spektrum yang membentuk komponen frekuensi dari sinyal photoplethysmograph sehingga dapat dilihat bentuk dari pola data detak jantung normal dan detak jantung tidak normal. Data detak jantung berasal dari 5 orang yang tidak mengidap penyakit jantung yang dipilih secara acak dan 3 orang yang mengidap penyakit jantung dengan pengambilan data dilakukan sebanyak 2 kali. Berdasarkan hasil pendeteksian detak jantung, nilai frekuensi dominan untuk pola data detak jantung normal dan detak jantung tidak normal pada range 0.683594- 0.927734 Hz. Sebanyak 40 % ditemukan pola data detak jantung normal yang memiliki kemiripan dengan pola data detak jantung tidak normal. Hal tersebut karena jenis penyakit jantung yang diderita berbeda-beda bergantung dari keluhan maupun jenis penyakit. Kata kunci: detak jantung, photoplethysmograph, FFT

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
T Technology > T Technology (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Komputer
Depositing User: Marina R kurniawan
Date Deposited: 29 Jan 2015 01:02
Last Modified: 29 Jan 2015 01:02
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/22110

Actions (login required)

View Item View Item