Repository Universitas Andalas

PENGARUH PEMBERIAN AROMATERAPI PEPPERMINT (Mentha piperita) SECARA INHALASI TERHADAP SKALA DISMENORE PRIMER PADA SISWA SMA NEGERI 10 SIJUNJUNG TAHUN 2014

IRMA, RAHMADENI (2014) PENGARUH PEMBERIAN AROMATERAPI PEPPERMINT (Mentha piperita) SECARA INHALASI TERHADAP SKALA DISMENORE PRIMER PADA SISWA SMA NEGERI 10 SIJUNJUNG TAHUN 2014. Other thesis, ANDALAS UNIVERSITY.

[img]
Preview
PDF
Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (34Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (44Kb) | Preview

Abstract

FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS September 2014 Nama : Rahmadeni Irma BP : 1010322038 Pengaruh Pemberian Aromaterapi Peppermint (Mentha piperita) Secara Inhalasi Terhadap Skala Dismenore Primer Pada Siswa SMA Negeri 10 Sijunjung Tahun 2014 ABSTRAK Dismenore merupakan keluhan ginekologi yang paling umum dan banyak dialami oleh wanita terutama pada usia remaja. Reaksi fisik muncul dalam bentuk gejala-gejala yang tidak dikehendaki dan tidak menyenangkan. Siswi yang mengalami dismenore primer pada SMA Negeri 10 Sijunjung ditemukan sebanyak 100 orang. Nyeri dismenore yang dialami dapat mengganggu aktivitas serta konsentrasi siswi dalam belajar. Pemberian aromaterapi peppermint (Mentha piperita) secara inhalasi merupakan salah satu dari beberapa terapi non farmakologis yang dapat diberikan untuk mengatasinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh aromaterapi peppermint (Mentha piperita) secara inhalasi terhadap skala dismenore primer pada siswi SMA Negeri 10 Sijunjung. Desain penelitian yang digunakan adalah praeksperimental dengan one group pretest posttest. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling yang terdiri dari 20 orang responden yang mengalami dismenore primer. Hasil penelitian dengan menggunakan uji statistik Wilcoxon, menunjukan adanya pengaruh aromaterapi peppermint (Mentha piperita) secara inhalasi terhadap skala dismenore primer dengan rata-rata penurunan skala nyeri adalah 1,95, dan p=0,00. Aromaterapi peppermint (Mentha piperita) secara inhalasi dapat dijadikan suatu alternatif untuk mengurangi nyeri dismenore primer. Kata kunci : Dismenore primer, Aromaterapi, Aromaterapi Peppermint Daftar pustaka : 65 (2001-2013)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Unit atau Lembaga: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Marina R kurniawan
Date Deposited: 29 Jan 2015 01:00
Last Modified: 29 Jan 2015 01:00
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/22236

Actions (login required)

View Item View Item