Repository Universitas Andalas

KORELASI NILAI MITRAL ANNULAR PLANE SYSTOLIC EXCURSION (MAPSE) DENGAN FRAKSI EJEKSI DALAM MENILAI FUNGSI SISTOLIK VENTRIKEL KIRI PADA PENDERITA GAGAL JANTUNG

ARBI, M. FUAD (2014) KORELASI NILAI MITRAL ANNULAR PLANE SYSTOLIC EXCURSION (MAPSE) DENGAN FRAKSI EJEKSI DALAM MENILAI FUNGSI SISTOLIK VENTRIKEL KIRI PADA PENDERITA GAGAL JANTUNG. Other thesis, ANDALAS UNIVERSITY.

[img]
Preview
PDF
Download (151Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (107Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (90Kb) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nama : M. Fuad Arbi Program Studi : Ilmu Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah Judul : Korelasi Nilai Mitral Annular Plane Systolic Excursion (MAPSE) dengan Fraksi Ejeksi dalam Menilai Fungsi Sistolik Ventrikel Kiri pada Penderita Gagal Jantung Latar Belakang: Pengukuran fraksi ejeksi (FE) metode Simpson merupakan metode pemeriksaan yang sampai saat ini masih direkomendasikan dalam menilai fungsi sistolik ventrikel kiri menggunakan ekokardiografi. Metode lain seperti pengukuran mitral annular plane systolic excursion (MAPSE) juga dapat memberikan gambaran fungsi sistolik ventrikel kiri. Beberapa studi sebelumnya meneliti korelasi nilai MAPSE terhadap FE menggunakan berbagai metode, namun belum ada yang membandingkan secara langsung korelasi MAPSE dengan FEVK metode Simpson pada penderita gagal jantung. Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan suatu studi potong lintang dengan subjek pasien gagal jantung sepanjang Februari–April 2014. Pemeriksaan fungsi sistolik ventrikel kiri melalui pengukuran MAPSE dan FEVK metode Simpson dilakukan pada seluruh subjek menggunakan ekokardiografi dua dimensi. Uji statistik Pearson digunakan untuk menganalisis korelasi nilai MAPSE dengan FEVK. Hasil Penelitian: Terdapat 39 pasien gagal jantung yang melakukan kontrol rutin di Instalasi Pusat Jantung RS. Dr. M. Djamil Padang. Nilai rerata FEVK dan MAPSE masing-masingnya 46±16% dan 11±3mm. Tidak terdapat perbedaan signifikan pada karakteristik nilai MAPSE dan FEVK metode Simpson. Terdapat korelasi positif kuat antara nilai MAPSE dengan FEVK metode Simpson yang signifikan secara statistik (r=0,736 dan p=0,001). Kesimpulan: Pengukuran MAPSE dapat dilakukan untuk menilai fungsi sistolik ventrikel kiri pada penderita gagal jantung dengan menggunakan ekokardografi dua dimensi. Kata Kunci: mitral annular plane systolic excursion, FEVK metode Simpson, gagal jantung, fungsi sitolik ventrikel kiri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RC Internal medicine
Unit atau Lembaga: Kedokteran
Depositing User: Marina R kurniawan
Date Deposited: 29 Jan 2015 01:06
Last Modified: 29 Jan 2015 01:06
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/22260

Actions (login required)

View Item View Item