Repository Universitas Andalas

INOKULASI FUNGI MIKORIZA ARBUSKULA PADA TANAMAN JAGUNG (Zea mays L.) TERHADAP SIFAT FISIKA TANAH BEKAS TAMBANG BATUBARA OMBILIN

DIANTI, ICE SURIYA (2014) INOKULASI FUNGI MIKORIZA ARBUSKULA PADA TANAMAN JAGUNG (Zea mays L.) TERHADAP SIFAT FISIKA TANAH BEKAS TAMBANG BATUBARA OMBILIN. Other thesis, ANDALAS UNIVERSITY.

[img]
Preview
PDF
Download (63Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (103Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (98Kb) | Preview

Abstract

vi INOKULASI FUNGI MIKORIZA ARBUSKULA PADA TANAMAN JAGUNG (Zea mays L.) TERHADAP SIFAT FISIKA TANAH BEKAS TAMBANG BATUBARA OMBILIN ABSTRAK Penelitian mengenai Inokulasi Fungi Mikoriza Arbuskula Pada Tanaman Jagung (Zea mays L.) Terhadap Sifat Fisika Tanah Bekas Tambang Batubara Ombilin telah dilaksanakan di Rumah Kawat Fakultas Pertanian Universitas Andalas dan dilanjutkan di Laboratorium Jurusan Tanah Fakultas Pertanian Universitas Andalas Padang, mulai dari bulan Desember 2012 sampai April 2013. Tujuan penelitian ini adalah menentukan dosis fungi mikoriza arbuskula yang terbaik terhadap sifat fisika tanah bekas tambang batubara Ombilin dan responnya pada tanaman jagung (Zea mays L.). Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap dengan 5 perlakuan dan 3 ulangan. Perlakuan adalah dosis (kepadatan spora) FMA (Fungi Mikoriza Arbuskula). Data dianalisis dengan menggunakan sidik ragam, jika F hitung perlakuan memperlihatkan hasil yang berbeda nyata maka dilanjutkan dengan uji lanjut DNMRT pada taraf 5%. Berdasarkan hasil penelitian pemberian inokulan FMA terhadap sifat fisika tanah bekas tambang batubara Ombilin dapat disimpulkan bahwa pemberian inokulan FMA 15 g/polibag dapat meningkatkan bahan organik, meningkatkan pori air tersedia (PAT), dan menurunkan indeks plastisitas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: Mona M Chandra
Date Deposited: 29 Jan 2015 01:07
Last Modified: 29 Jan 2015 01:07
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/22279

Actions (login required)

View Item View Item