Repository Universitas Andalas

GAMBARAN PENERAPAN TEORI HEALTH BELIEF MODEL DALAM KEPATUHAN PASIEN HIPERTENSI DI POLIKLINIK KHUSUS HIPERTENSI RSUP DR.M.DJAMIL PADANG

SAFITRI, LUSIANA (2014) GAMBARAN PENERAPAN TEORI HEALTH BELIEF MODEL DALAM KEPATUHAN PASIEN HIPERTENSI DI POLIKLINIK KHUSUS HIPERTENSI RSUP DR.M.DJAMIL PADANG. Other thesis, andalas university.

[img]
Preview
PDF
Download (109Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (167Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (180Kb) | Preview

Abstract

FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS Juli 2014 Nama : Lusiana Safitri No.BP : 1010322013 Gambaran Penerapan Teori Health Belief Model Dalam Kepatuhan Pasien Hipertensi Di Poliklinik Khusus Hipertensi Rsup Dr.M.Djamil Padang ABSTRAK Hipertensi adalah salah satu penyakit tidak menular yang menjadi masalah kesehatan diseluruh dunia karena prevalensinya yang tinggi dan juga asosiasinya terhadap kejadian PKV seperti penyakit jantung dan stroke. Keefektifan penanganan berkelanjutan atau terapi ditentukan oleh kepatuhan. Namun sekitar 50%-70% pasien hipertensi tidak patuh terhadap pengobatan hipertensi yang dianjurkan. Health belief model (HBM) adalah teori yang paling banyak dipakai untuk mempelajari perilaku kepatuhan yang merupakan konsep pengembangan dalam bidang kepatuhan berhubungan dengan interaksi perilaku dengan kepercayaan kesehatan seseorang.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan penerapan dari teori Health Belief Model dalam kepatuhan pasien hipertensi di poliklinik khusus hipertensi Rsup Dr.M.Djamil Padang, yang terdiri dari persepsi kerentanan, persepsi, keseriusan, persepsi manfaat, persepsi rintangan, dan isyarat untuk bertindak. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan cross sectional dan jumlah sample sebanyak 180 responden dengan teknik purposive sampling. Analisa data dengan menggunakan analisa univariat. Hasil penelitian ini menunjukkan sebanyak 58,9% reponden memiliki persepsi positf terhadap kerentanan akan mengalami resiko dari penyakit hipertensi, 51,7% responden memiliki persepsi negatif terhadap keseriusan dari penyakit hipertensi yang diderita, 61,7% responden memiliki persepsi positif mengenai manfaat dari mematuhi pengobatan hipertensi, lebih dari separuh (56,7%) responden memiliki persepsi negatif mengenai rintangan untuk mematuhi pengobatan hipertensi, 55% responden memiliki isyarat untuk bertindak yang positif untuk mematuhi pengobatan hipertensi. Perawat / dokter harus memberikan pendidikan kesehatan kepada pasien pada setiap kunjungan klinik disesuaikan dengan persepsi pasien yang dapat mengganggu atau dapat meningkatkan kepatuhan terhadap pengobatn hipertensi. Kata kunci : hipertensi, health belief model, kepatuhan pada pasien hipertesi Daftar pustaka : 40 (2003 – 2013)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Keperawatan
Depositing User: deni d irawan
Date Deposited: 29 Jan 2015 01:05
Last Modified: 29 Jan 2015 01:05
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/22324

Actions (login required)

View Item View Item