LHONA, LHONA
(2014)
PENGARUH TERAPI BACAAN AL-QURAN MELALUI
MEDIA AUDIO TERHADAP SKALA DISMENORE
PADA MAHASISWI PROGRAM A 2013
FAKULTAS KEPERAWATAN
UNIVERSITAS ANDALAS
PADANG.
Other thesis, andalas university.
Abstract
FAKULTAS KEPERAWATAN
UNIVERSITAS ANDALAS
OKTOBER 2014
Nama : Lhona
No. BP : 1010322009
Pengaruh Terapi Bacaan Al-Quran Melalui Media Audio terhadap Skala
Dismenore pada Mahasiswi Program A 2013 Fakultas Keperawatan
Universitas Andalas
ABSTRAK
Proses mentruasi dapat disertai dengan adanya nyeri yang disebut dengan
dismenore. Gejala dismenore parah dapat menghambat aktivitas. Lebih dari 140
juta jam kerja hilang setiap tahunnya karena dismenore. Terapi bacaan Al-Quran
(TBA) merupakan salah satu intervensi nonfarmakologis dalam menangani
dismenore. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh TBA
terhadap dismenore. Pengumpulan data dilakukan dari bulan Juni-Agustus 2014
pada mahasiswi Program A 2013 Fakultas Keperawatan Universitas Andalas
Padang dengan desain penelitian ini adalah quasi experiment dengan pendekatan
one group pretest and posttest without control. Teknik sampling yang digunakan
adalah purposive sampling dengan jumlah responden 16 orang. Pengumpulan data
dilakukan dengan mengukur skala dismenore pre dan post dengan menggunakan
Manksoski Pain Scale (MPS). Perlakuan yang diberikan adalah dengan
mendengarkan bacaan Al-Quran kepada responden saat dismenore. Analisa data
dilakukan dengan menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan ratarata
skala dismenore sebelum TBA adalah 5,94 dan rata-rata skala dismenore
setelah TBA adalah 2,94. Penurunan skala dismenore pre dan post adalah 3,00.
Berdasarkan uji statistik didapatkan nilai p=0.000 (p<0.05) yang artinya terdapat
pengaruh TBA terhadap skala dismenore. Penelitian ini merekomendasikan agar
perawat menerapkan TBA saat dismenore sebagai salah satu intervensi non
farmakologis dalam menangani dismenore.
Kata kunci : Dismenore, Terapi Bacaan Al-Quran, Penelitian Maternitas
Daftar Pustaka : 63 (1998-2014)
Actions (login required)
|
View Item |