Repository Universitas Andalas

DINAMIKA KELOMPOK DALAM PEMELIHARAAN TERNAK SAPI POTONG DI KABUPATEN SOLOK SELATAN (STUDI KASUS: KELOMPOK TANI CINTA KARYA NAGARI LUAK KAPAU DESA TARATAK TINGGI)

PRANESTA, RIYAN (2014) DINAMIKA KELOMPOK DALAM PEMELIHARAAN TERNAK SAPI POTONG DI KABUPATEN SOLOK SELATAN (STUDI KASUS: KELOMPOK TANI CINTA KARYA NAGARI LUAK KAPAU DESA TARATAK TINGGI). Other thesis, ANDALAS UNIVERSITY.

[img]
Preview
PDF
Download (101Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (98Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (95Kb) | Preview

Abstract

DINAMIKA KELOMPOK DALAM PEMELIHARAAN TERNAK SAPI POTONG DI KABUPATEN SOLOK SELATAN (STUDI KASUS:KELOMPOK TANI CINTA KARYA NAGARI LUAK KAPAU DESA TARATAK TINGGI) Riyan Pranesta, dibawah bimbingan Ir. Amrizal Anas, MP dan Ir. Ismet Iskandar, MS Program Studi Peternakan, Bidang Kajian Ilmu Pembangunan dan Bisnis Peternakan, Fakultas Peternakan Universitas Andalas Padang ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dinamika kelompok tani Cinta Karya dan mengetahui aspek teknis yang dilakukan pada usaha ternak sapi yang dikelola oleh kelompok tani Cinta Karya di Nagari Luak Kapau Kabupaten Solok Selatan. Metode penelitian ini adalah studi kasus, dimana data yang dikumpulkan berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui hasil wawancara dan kuisioner dengan menyiapkan daftar pertanyaan pada 40 responden kelompok tani Cinta Karya. Data sekunder berupa Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga kelompok. Analisa data dilakukan secara deskriptif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dinamika kelompok tani Cinta Karya berada pada kategori dinamis, yaitu perencanaan sebesar 92.45%, pelaksanaan 88.41% dan evaluasi 87.29%. Persentase rata-rata dinamika kelompok adalah 89.38% sehingga kelompok dikatakan dinamis. Sistem pemeliharaan ternak sapi yang dikelola oleh kelompok tani Cinta Karya dilakukan secara intensif. Jenis sapi yang dipelihara adalah sapi Simental. Pakan yang diberikan berupa rumput gajah cv. Taiwan (pennisetum purpureum) dan rumput raja (pennisetum purpuroides). Kandang yang dipakai berupa kandang individu. Pencegahan penyakit dengan cara menjaga kebersihan kandang melalui sistem sanitasi yang baik. Pemasaran umumnya melalui pedagang pengumpul (toke) yang langsung datang kepeternak. Kata kunci : Kelompok, dinamika kelompok, aspek teknis

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: Marina R kurniawan
Date Deposited: 29 Jan 2015 01:08
Last Modified: 29 Jan 2015 01:08
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/22432

Actions (login required)

View Item View Item