Repository Universitas Andalas

PENGENDALIAN MUTU BERAT PRODUKSI SEMEN PT. SEMEN PADANG MENGGUNAKAN BAGAN KENDALI MEDIAN ABSOLUTE DEVIATION (MAD) PADA DATA TIDAK NORMAL

SAHRA, NUR ELVI (2014) PENGENDALIAN MUTU BERAT PRODUKSI SEMEN PT. SEMEN PADANG MENGGUNAKAN BAGAN KENDALI MEDIAN ABSOLUTE DEVIATION (MAD) PADA DATA TIDAK NORMAL. Other thesis, ANDALAS UNIVERSITY.

[img]
Preview
PDF
Download (432Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (75Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (81Kb) | Preview

Abstract

ABSTRAK Suatu perusahaan akan menghasilkan produk yang baik, jika dilakukan de- ngan proses yang baik pula. Selain proses pembuatan produk itu sendiri pe- rusahaan juga harus melakukan pengendalian kualitas setiap prosesnya. Bagan kendali Shewhart X dan bagan kendali s merupakan salah satu teknik yang paling banyak digunakan dalam proses pengendalian kualitas. Bagan kendali ini dikem- bangkan dengan mengasumsikan bahwa karakteristik kualitas menyebar menurut sebaran normal, sehingga jika tidak menyebar menurut sebaran normal maka bagan kendali X dan s tidak bisa digunakan dengan baik. Salah satu bagan kendali yang menjadi alternatif untuk bagan kendali X dan s jika data tidak menyebar secara normal adalah bagan kendali Median Absolute Deviation (MAD). Abu-Shawiesh memandang MAD sebagai penduga yang kekar dari simpangan baku ketika data sampel yang tidak normal dan kemudian mengembangkan bagan kendali MAD untuk pemantauan variabilitas proses. Kata kunci : Median Absolute Deviation, Tidak Normal, Bagan Kendali.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Unit atau Lembaga: Fakultas MIPA > Matematika
Pascasarjana > Doktor > Fakultas MIPA > Matematika
Fakultas MIPA > Matematika
Depositing User: Marina R kurniawan
Date Deposited: 29 Jan 2015 01:15
Last Modified: 29 Jan 2015 01:15
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/22444

Actions (login required)

View Item View Item