Repository Universitas Andalas

ANALISIS COST-EFFECTIVENESS PENGGUNAAN ANTIDIABETES ORAL KOMBINASI DAN ANTIHIPERTENSI PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 DISERTAI HIPERTENSI DI POLIKLINIK KHUSUS RSUP DR. M. DJAMIL PADANG

EFRANDA, JEFRI (2014) ANALISIS COST-EFFECTIVENESS PENGGUNAAN ANTIDIABETES ORAL KOMBINASI DAN ANTIHIPERTENSI PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 DISERTAI HIPERTENSI DI POLIKLINIK KHUSUS RSUP DR. M. DJAMIL PADANG. Other thesis, ANDALAS UNIVERSITY.

[img]
Preview
PDF
Download (109Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (106Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (113Kb) | Preview

Abstract

ABSTRAK Diabetes Melitus (DM) merupakan salah satu masalah kesehatan yang berdampak pada produktivitas. Lebih dari 50% penderita DM mengalami hipertensi. Hipertensi dan DM yang terjadi secara bersamaan dapat meningkatkan resiko komplikasi mikrovaskular dan makrovaskular sehingga meningkatkan biaya pengobatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi biaya (cost) dan efektifitas (outcome) penggunaan antidiabetes oral kombinasi dan antihipertensi pada pasien DM tipe 2 disertai hipertensi. Penelitian ini merupakan penelitian cross-sectional dengan rancangan deskriptif yang bersifat prospektif. Data yang diambil berupa antidiabetes oral kombinasi dan antihipertensi yang digunakan pasien, evaluasi efektivitas, serta rincian biaya terapi yang meliputi biaya obat antidiabetes oral kombinasi dan antihipertensi yang digunakan, biaya laboratorium, dan biaya pelayanan medik poliklinik. Data dianalisis secara deskriptif, sedangkan efektivitas dinilai berdasarkan persentase pasien dengan gula darah puasa mencapai target yaitu 80-125 mg/dL dan tekanan darah < 130/80 mmHg. Cost-effectiveness dilihat berdasarkan perhitungan nilai ACER. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 30 pasien yang memenuhi kriteria inklusi, frekuensi penggunaan kombinasi glimepirid-metformin dengan candesartan sebanyak 73,33% dengan biaya rata-rata Rp 256.900 dan total efektivitas 27,27% ; kombinasi gliklazid-metformin dengan candesartan sebanyak 10,00% dengan biaya rata-rata Rp 242.500 dan total efektivitas 0% ; kombinasi gliquidonmetformin dengan candesartan sebanyak 10,00% dengan biaya rata-rata Rp 345.400 dan total efektivitas 33,33% ; dan kombinasi glibenklamid-metformin dengan candesartan sebanyak 6,67% dengan biaya rata-rata Rp 227.020 dan total efektivitas 0%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kombinasi glimepirid-metformin dengan candesartan lebih cost-effective dibandingkan kombinasi lainnya, dengan nilai ACER Rp 942.060/ efektivitas. Kata kunci: analisis cost-effectiveness, DM tipe 2, hipertensi, antidiabetes oral kombinasi, antihipertensi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Unit atau Lembaga: Fakultas Farmasi
Depositing User: Marina R kurniawan
Date Deposited: 29 Jan 2015 01:12
Last Modified: 29 Jan 2015 01:12
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/22457

Actions (login required)

View Item View Item