SAPUTRA, HENDRA
(2014)
PENERAPAN SOFTWARE OPENFOAM DALAM
MENSIMULASIKAN PERUBAHAN KECEPATAN PUTARAN
TERHADAP TEKANAN PADA INTERNAL COMBUSTION
ENGINE.
Other thesis, andalas university.
Abstract
ABSTRAK
Motor bakar adalah suatu alat yang merubah energi termal atau bahan
kimia menjadi energi mekanik. Motor bakar dibagi menjadi dua yaitu motor
bakar bensin dan motor bakar diesel. Dalam pelaksanaannya terjadi proses
pembakaran di dalam torak atau proses internal combustion engine. Di dalam
proses tersebut terdapat perubahan variabel akibat dari proses tersebut ataupun
efek luar, seperti perubahan tekanan. Perubahan tekanan banyak disebabkan
berbagai hal antara lain jenis bahan bakar, kecepatan putaran, ataupun volume.
Pada motor bakar bensin dapat dilihat perubahan tekanan melalui siklus
otto (siklus udara volume konstan). Proses internal combustion engine terdapat
beberapa langkah yaitu langkah isap, langkah kompresi, langkah ekspansi, dan
langkah buang. Dalam siklus otto, fluida dianggap gas ideal secara teori tetapi
pada kenyataanya berbeda sehingga siklus otto secara kenyataannya mengalami
perubahan.
Fenomena-fenomena yang terjadi pada internal combustion engine dapat
dilihat melalui laboratorium yang melewati proses yang cukup sulit. Seiring
dengan perkembangan yang sudah maju sehingga kita dapat melihat proses
internal combustion engine dengan menggunakan program yang berjalan secara
virtual. Program yang baru-baru ini digemari adalah OpenFOAM, program ini
merupakan salah satu dari CFD (Computational Fluid Dinamics) yang dapat
memecahkan masalah secara algoritma numeric yang menyangkut aliran fluida.
OpenFOAM memiliki banyak solver dan persamaan sehingga didapatkan
hasil yang lebih teliti. OpenFOAM merupakan software opensource yang bisa
dipakai siapapun dan dimanapun.
Kata kunci : Motor Bakar Bensin, OpenFOAM, Internal Combustion Engine,
tekanan, Kecepatan putaran.
Actions (login required)
|
View Item |