Repository Universitas Andalas

KAJIAN PRODUKTIFITAS TUMPANGSARI KENTANG (Solanum tuberosum)/CAISIM (Brassica juncea L.) DENGAN BEBERAPA DOSIS PUPUK ORGANIK CAIR (POC) DAN PUPUK ZA

MARTA, ANDRIK (2014) KAJIAN PRODUKTIFITAS TUMPANGSARI KENTANG (Solanum tuberosum)/CAISIM (Brassica juncea L.) DENGAN BEBERAPA DOSIS PUPUK ORGANIK CAIR (POC) DAN PUPUK ZA. Other thesis, andalas university.

[img]
Preview
PDF
Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (84Kb) | Preview

Abstract

KAJIAN PRODUKTIFITAS TUMPANG SARI KENTANG (Solanum tuberosum) DAN CAISIM (Brassica juncea L.) DENGAN BEBERAPA DOSIS PUPUK ORGANIK CAIR (POC) DAN PUPUK ZA ABSTRAK Kajian tumpangsari kentang/caisim dilakukan untuk mengetahui pengaruh beberapa dosis pupuk oganik cair (POC) dan pupuk Za terhadap produktifitas tumpangsari kentang dan caisim. Caisim ditanam satu baris diantara dua baris kentang. Sebagai pembanding hasil, ditanam kentang dan caisim secara tunggal. Percobaan menggunakan rancangan acak kelompok pola faktorial dengan 3 ulangan. Perlakuan meliputi dosis POC 1050 l/ha, 919 l/ha, 788 l/ha dan, 0 l/ha dan dosis Pupuk Za berturut-turut 200 kg/ha, 175 kg/ha, 150 kg/ha dan, 0 kg,ha. Penelitian dilakukan pada bulan Mei sampai Agustus 2013. POC dan Za berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan, dan hasil tanaman kentang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil kentang terbaik diperoleh dari pemberian dosis POC 788 l/ha dengan pupuk Za 175 kg/ha dan hasil tanaman caisim tidak ditentukan oleh pemberian POC dan pupuk Za. Nilai NKL dan ATER adalah 1.66 dan 1.15, menunjukkan sistem tumpangsari kentang/caisim lebih menguntungkan dibandingkan penanaman secara monokultur. Kata kunci : tumpangsari, kentang, caisim, pupuk organik cair (POC), pupuk Za.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: deni d irawan
Date Deposited: 29 Jan 2015 01:10
Last Modified: 29 Jan 2015 01:10
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/22489

Actions (login required)

View Item View Item