Repository Universitas Andalas

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN HARGA DIRI PADA PASIEN ULKUS DIABETIKUM DI RUANG RAWAT INAP BAGIAN PENYAKIT DALAM RSUP. Dr. M. DJAMIL PADANG

ADABIAH, ADABIAH (2014) HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN HARGA DIRI PADA PASIEN ULKUS DIABETIKUM DI RUANG RAWAT INAP BAGIAN PENYAKIT DALAM RSUP. Dr. M. DJAMIL PADANG. Other thesis, andalas university.

[img]
Preview
PDF
Download (137Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (118Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (114Kb) | Preview

Abstract

FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS Juli, 2014 Nama : Adabiah No BP : 1010323021 Hubungan Dukungan Keluarga dengan Harga Diri pada Pasien Ulkus Diabetikum di Ruang Rawat Inap Bagian Penyakit Dalam RSUP. Dr. M. Djamil Padang ABSTRAK Ulkus diabetikum merupakan komplikasi menahun yang paling ditakuti bagi penderita DM, kalau tidak segera mendapatkan pengobatan dan perawatan maka akan mudah terjadi infeksi yang segera meluas. Keadaan ini dapat menimbulkan penurunan dan perubahan fisik yang menyebabkan terjadinya masalah psikologis pada pasien ulkus diabetikum termasuk perubahan harga diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan hubungan dukungan keluarga dengan harga diri pada pasien ulkus diabetikum di ruang rawat inap bagian penyakit dalam RSUP. Dr. M. Djamil Padang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif korelasional dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 47 pasien ulkus diabetikum. Instrumen penelitian berupa kuesioner yang mencakup data demografi dan pernyataan mengenai dukungan keluarga dan harga diri. Uji korelasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji korelasi Spearmen. Hasil penelitian menunjukkan 72,3% responden mendapatkan dukungan keluarga yang tinggi dan 61,7% memiliki harga diri tinggi. Terdapat hubungan yang signifikan dengan arah positif dan kekuatan korelasi sedang antara dukungan keluarga dengan harga diri pada pasien ulkus diabetikum (p = 0,000; r = 0,589). Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin tinggi dukungan keluarga maka semakin tinggi harga diri pada pasien ulkus diabetikum. Perawat hendaknya memperhatikan kondisi psikologis pasien, memberi motivasi, dorongan dan pendidikan kesehatan pada keluarga pasien tentang proses perawatan luka sehingga pasien mendapatkan dukungan keluarga yang tinggi dan memiliki harga diri yang tinggi. Kata kunci: Dukungan keluarga, harga diri, Ulkus diabetikum Daftar Pustaka: 61 (1997-2013)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Unit atau Lembaga: Fakultas Keperawatan
Depositing User: deni d irawan
Date Deposited: 29 Jan 2015 01:11
Last Modified: 29 Jan 2015 01:11
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/22546

Actions (login required)

View Item View Item