FAJRI, GUSNI
(2014)
PENGARUH EXPERENTIAL MARKETING PADA LOYALITAS
(STUDI PADA PENGUNJUNG WATERBOOM SAWAHLUNTO).
Other thesis, ANDALAS UNIVERSITY.
Abstract
No. Alumni
Universitas
Gusni Fajri No. Alumni
Fakultas
a) Tempat/Tgl. Lahir : Sisawah/ 01 Agustus 1991, b) Nama Orang Tua : Naswir dan
Yurnawati, c) Fakultas : Ekonomi Kampus II Payakumbuh, d) Jurusan : Manajemen,
e) No. BP : 1010521034, f) Tgl Lulus : 19 Juli 2014, g) Predikat Lulus : Sangat
memuaskan, h) Ipk : 3.28, i) Lama Studi : 3 tahun 10 bulan, j) Alamat Orang Tua :
Jorong Koto Sungai Tampang, Nagari Sisawah, Kec. Sumpur Kudus, Kab. Sijunjung
Pengaruh Experiential Marketing Pada Loyalitas Pengunjung Waterboom Sawahlunto
Pembimbing 1: . Dra. Yanti.,MM
Pembimbing 2: Ranny Fitriana Faisal, BPM.,MHRM
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Pertumbuhan perekonomian Dunia adalah pertanda
kemajuan dan peningkatan kualitas hidup manusia yang hidup dalam ruang lingkup tertentu, tidak
semua negara mampu mengikuti pertumbuhan perekonomia negara-negara maju. Negara Indonesia
adalah salah satu negara yang memiliki banyak potensi wisata khususnya Sumatra Barat. Yaitu kota
Sawahlunto, Sawahlunto memiliki banyak potensi wisata alam maupun wisata buatan seperti
Waterboom Sawahlunto. Waterboom Sawahlunto merupakan pioner sarana permainan air di
Sumatera Barat, yang diresmikan pada akhir tahun 2006 tepatnya pada 1 Desember 2006. Suatu
lokasi wisata akan memberikan pengalaman (experience) kepada pengunjung yang berdampak
kepada loyalitas pengunjung untuk untuk tetap mengunjungi area wisata seperti Waterboom
Sawahlunto.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh experiential marketing meliputi sense,
feel, think, act¸ dan relate terhadap loyalitas Pengunjung Waterboom Sawahlunto. Sampel dalam
penelitian sebanyak 110 responden, dengan teknik pengambilan sampel insidental sampling. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menyebarkan kuesioner. Analisis data
menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan program SmartPLS. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa sense dan feel, tidak berpengaruh signifikan pada loyalitas.
Sedangkan act, think dan relate berpengaruh signifikan terhadap loyalitas Pengunjung Waterboom
Sawahlunto.
Keyword : experiential marketing, sense, feel, think, act, relate, loyalitas pelanggan
Skripis ini telah dipertahankan dan dinyatakan lulus pada tanggal 19 Juli 2014. Abstrak telah
disetujui oleh pembimbing dan penguji:
Tanda
Tangan
Nama
Terang
Dra. Yanti.,MM Ranny Fitriana Faisal,
BPM.,MHRM
Erizal, SE.,MM Suryatman Desri,
S.sos.,MM
Mengetahui
Koor. FEUA II Pyk : Lukman, SE., M. Si
NIP. 196411231993031003 Tanda Tangan
Ketua Jurusan : DR. Vera Pujani, SE., MM. Tech
NIP. 196611152000032001
TandaTangan
Petugas Fakultas / Universitas Andalas
No. Alumni Fakultas:
Nama Tanda Tangan
No. Alumni Universitas: Nama Tanda Tangan
Actions (login required)
|
View Item |