Repository Universitas Andalas

PENGARUH PENAMBAHAN TITHONIA (Tithonia diversifolia)TERHADAP KANDUNGAN UNSUR HARA N, P DAN K PADA KOTORAN SAPI SIMENTAL DI RUMAH KOMPOS KELOMPOK TANI TERNAK TANJUNG LURAH NAGARI SALIMPAUNG KAB. TANAH DATAR

SARI, YOLANDHA RATNA (2014) PENGARUH PENAMBAHAN TITHONIA (Tithonia diversifolia)TERHADAP KANDUNGAN UNSUR HARA N, P DAN K PADA KOTORAN SAPI SIMENTAL DI RUMAH KOMPOS KELOMPOK TANI TERNAK TANJUNG LURAH NAGARI SALIMPAUNG KAB. TANAH DATAR. Other thesis, ANDALAS UNIVERSITY.

[img] PDF
Download (74Kb)
[img] PDF
Download (108Kb)
[img] PDF
Download (193Kb)
[img] PDF
Download (193Kb)

Abstract

PENGARUH PENAMBAHAN TITHONIA (Tithonia diversifolia)TERHADAP KANDUNGAN UNSUR HARA N, P DAN K PADA KOTORAN SAPI SIMENTAL DI RUMAH KOMPOS KELOMPOK TANI TERNAK TANJUNG LURAH NAGARI SALIMPAUNG KAB. TANAH DATAR Yolandha Ratna Sari di bawah bimbingan Prof. Drh. Hj. Endang PRN, MS.,PhD dan Ir. Hj. Allismawita, MS Program Studi Peternakan Bagian Teknologi Pengolahan Hasil Ternak Fakultas PeternakanUniversitas Andalas Padang 2014 ABSTRAK Penelitian ini dilaksanakan di Rumah Kompos Kelompok Tani Ternak Tanjung Lurah Nagari Salimpaung Kabupaten Tanah Datar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan tithonia terhadap kandungan unsur hara N, P dan K. Penelitian ini dilakukan dengan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan enam perlakuan penambahan tithonia dalam pupuk organik yaitu A (0% tithonia), B (6% tithonia), C (12% tithonia), D (18% tithonia), E (24% tithonia), F (30% tithonia). Dan masing-masing perlakuan diulang sebanyak empat kali. Peubah yang diamati adalah nitrogen, fosfor, dan kalium. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan tithonia (Tithonia diversifolia) dalam pembuatan pupuk organik kotoran sapi simental berbeda sangat nyata (P<0.01). Rataan pada kandungan hara nitrogen berkisar anatar 1.51 % Sampai 2,89 % kandungan hara fosfor 0.35 % sampai 0.49 % kandungan hara kalium 1.83 % sampai 2.75 %. Kesimpulannya penelitian ini menyatakan bahwa penambahan tithonia (Tithonia diversifolia) dalam pembuatan pupuk organik berpengaruh dalam peningkatan kandungan hara terhadap N, P, K. Kandungan N, P dan K tertinggi pada penelitian ini yaitu terdapat pada perlakuan F pada unsur N dan P, dan pada perlakuan E pada unsur K, dengan nilai kandungan unsur hara sebesar 2.89 % N, 0.49 % P, dan 2.75 % K. Kata kunci : limbah ternak, pupuk organik, tithonia, nitrogen, fosfor, kalium.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Unit atau Lembaga: Fakultas Perternakan > Produksi Ternak
Depositing User: Mona M Chandra
Date Deposited: 29 Jan 2015 01:16
Last Modified: 29 Jan 2015 01:16
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/22567

Actions (login required)

View Item View Item