Repository Universitas Andalas

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN KELEBIHAN BERAT BADAN PADA MAHASISWA PROGRAM A 2011 FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS

ERPINA, DEWI (2014) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN KELEBIHAN BERAT BADAN PADA MAHASISWA PROGRAM A 2011 FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS. Other thesis, ANDALAS UNIVERSITY.

[img]
Preview
PDF
Download (58Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (133Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (182Kb) | Preview

Abstract

FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS Juni 2014 Nama : DEWI ERPINA BP : 1010321017 Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Kelebihan Berat Badan Pada Mahasiswa Program A 2011 Fakultas Keperawatan Universitas Andalas ABSTRAK Kelebihan berat badan sebagai penimbunan jaringan lemak tubuh secara berlebihan yang dapat dialami oleh semua golongan baik laki-laki maupun perempuan, akan tetapi remaja dan dewasa muda merupakan kelompok yang paling sering terjadi. Tujuan penelitian ini adalah diketahuinya gambaran terjadinya kelebihan berat badan dan faktor-faktor yang berhubungan pada mahasiswa program A 2011 Fakultas Keperawatan Universitas Andalas Tahun 2014. Desain penelitian yang digunakan adalah cross sectional. Populasi penelitian adalah mahasiswa program A angkatan 2011 dengan sampel penelitian sebanyak 117 orang. penelitian ini dilakukan pada bulan Mei-Juni 2014 dengan menggunakan instrumen penelitian timbangan injak dan meteran pengukur tinggi badan. Cara pengumpulan data penelitian ini dengan menggunakan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebanyak 22,2% yang mengalami kelebihan berat badan dan 2,6% mengalami obesitas. Uji statistik yang digunakan adalah uji chi square. Terdapat hubungan yang bermakna antara sarapan pagi dan genetik dengan kelebihan berat badan dengan nilai pvalue 0,014 (pvalue ≤ 0,05) dan 0,024 (pvalue ≤ 0,05). Tidak terdapat hubungan yang bermakna antara variabel kebiasaan jajan, konsumsi fastfood, aktivitas fisik dan pengetahuan gizi dengan kelebihan berat badan. Berdasarkan penelitian, maka sangat disarankan melakukan sarapan pagi agar mahasiswa terhindar dari masalah kelebihan berat badan. Selain itu, penimbangan berat badan dan pengukuran tinggi badan secara berkala juga perlu dilakukan untuk mengetahui IMT mahasiswa dan untuk mewaspadai kejadian kelebihan berat badan sejak dini. Kata Kunci : kelebihan berat badan, mahasiswa, sarapan pagi Daftar Pustaka : 39 (2003-2013)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RT Nursing
Unit atau Lembaga: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Marina R kurniawan
Date Deposited: 29 Jan 2015 01:14
Last Modified: 29 Jan 2015 01:14
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/22591

Actions (login required)

View Item View Item