OVVERA, MARINA
(2014)
STRATEGI AYAH SEBAGAI SINGLE PARENT
DALAM PEMBAGIAN KERJA PADA KELUARGA
MISKIN
DI KOTA PADANG.
Other thesis, ANDALAS UNIVERSITY.
Abstract
4
ABSTRAK
Marina Ovvera 1010813011. Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan
Ilmu Politik, Universitas Andalas, Padang, Judul Skripsi: STRATEGI
AYAH SEBAGAI SINGLE PARENT DALAM PEMBAGIAN KERJA PADA
KELUARGA MISKIN DI KOTA PADANG. Pembimbing I Drs. Ardi Abbas,
MT Pembimbing II Dra. Fachrina, M.Si. Jumlah Halaman 96.
Peran ganda yang dilakukan oleh ayah tentu akan mengalami banyak
persoalan, terlebih pada keluarga miskin. Dimana ayah sekaligus menjadi ibu bagi
anaknya, sehingga menimbulkan persoalan terhadap anak. Penelitian ini
dikhususkan kepada ayah sebagai single parent pada keluarga miskin di Kota
Padang. Pertanyaan penelitiannya adalah bagaimana strategi ayah sebagai single
parent dalam pembagian kerja pada keluarga miskin di Kota Padang? Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana strategi ayah sebagai
single parent dalam pembagian kerja pada keluarga miskin di Kota Padang.
Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif.
Informan dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling dan dalam
pengumpulan data digunakan teknik observasi serta wawancara mendalam (tidak
berstruktur). Teori yang digunakan adalah Teori Struktural Fungsional yang
dipelopori oleh Talcot Parson.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi ayah sebagai single
parent dalam pembagian kerja pad keluarga miskin di Kota Padang yaitu strategi
ayah berkaitan dengan rumah tangga seperti menyiapkan ank tertua memikul
tangung jawab domestic, Anak perempuan Mencuci Baju, Anak Laki-laki
mencuci bajunya sendiri, Anak laki-laki membersihkan rumah. Untuk strategi
pekerjaan rumah tangga ayah single parent menjalankan strateginya dengan baik,
terbukti dengan berjalannya tugas-tugas rumah tangga yang dikerjakan oleh anak.
Strategi ayah berkaitan dengan ibadah seperti melibatkan tetangga untuk
pengawasan anak dalam mengaji, ayah mengandalkan dengan pendidikan agama.
Dimana ayah single parent tidak mempunyai waktu untuk mengajarkan anakanaknya
beribadah. Dan strategi ayah berkaitan dengan pendidikan seperti
Melibatkan keluarga luas dalam pendidikan anak, melibatkan tetangga dalam
menanamkan nilai moral dan etika. Hal itu dilakukan agar anak kelak bisa
melakukan mobilitas sosial.
5
ABSTRACT
Marina Ovvera 1010813011. Sociology Department, Faculty of Social and
Political Sciences, Andalas University, Padang, Thesis Title: FATHER’S
STRATEGY AS A SINGLE PARENT IN DIVIDING WORKS IN POOR
FAMILIES IN PADANG. Supervisor I Drs. Ardi Abbas, MT Supervisor II
Dra. Fachrina, M.Sc. Number of Pages 96.
Dual role performed by the father will face many problems, especially in
poor families. The father also plays a role as a mother for children, therefore it
creates a problem to children. This research was devoted to father as a single
parent in poor families in Padang. The research question was how is father’s
strategy in dividing works in poor families in Padang? The purpose of this
research was to describe father’s strategy as a single parent in dividing works in
poor families in Padang.
The design of this research was qualitative with descriptive type.
Informants were selected by using purposive sampling techniques. Observation
and depth interviews (unstructured) were used in collecting the data. The theory
that was used Struktural Fungsional theory by Talcot Parson.
Based on the results of this research it can be concluded that the father’s
strategy as a single parent in dividing works in poor families in Padang was
father’s strategy in dividing housework to children like their responsibility in
washing clothes and cleaning the house. Fathers’ strategy in housework as a
single parent runs well, it was proven that children do housework as their
responsibility. Then, father’s strategy of worship to children such as prays, join
TPA, and asking for fasting that father as a single parent had less time to teach the
children to worship. Father’s strategy to children in dividing works was by giving
Character Education and Curricular Education such as moral values and ethical,
discipline attitude, skills and knowledge. These were done in preparing children to
do social mobilization someday.
Actions (login required)
|
View Item |