Repository Universitas Andalas

ANALISIS KARAKTERISTIK KELUARGA DAN PEMANFAATAN POSYANDU LANSIATERHADAP PSYCHOLOGICAL WELL BEING LANSIA DI KECAMATAN IV ANGKEK KABUPATEN AGAM TAHUN 2014

ROSMERY, ROSMERY (2014) ANALISIS KARAKTERISTIK KELUARGA DAN PEMANFAATAN POSYANDU LANSIATERHADAP PSYCHOLOGICAL WELL BEING LANSIA DI KECAMATAN IV ANGKEK KABUPATEN AGAM TAHUN 2014. Other thesis, ANDALAS UNIVERSITY.

[img]
Preview
PDF
Download (396Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (399Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (420Kb) | Preview

Abstract

2 ANALISIS KARAKTERISTIK KELUARGA DAN PEMANFAATAN POSYANDU LANSIATERHADAP PSYCHOLOGICAL WELL BEING LANSIA DI KECAMATAN IV ANGKEK KABUPATEN AGAM TAHUN 2014 Oleh :Rosmery (Dibawah bimbinganProf.dr.RizandaMachmud, M.Kes Dan Dra. Kuswardani Susari Putri, M.Si) ABSTRAK Pada Lansia terjadi penurunan kondisi fisik, psikologis, kognitif dan sosial yang saling berintegrasi satu dengan yang lainnya. Penurunan kondisi Lansia tersebut membutuhkan peran keluarga yang mengayomi Lansia serta pemanfaatan sarana kesehatan salah satunya Posyandu Lansia. Dalam tugas perkembangannya, Lansia dengan segala penurunan yang terjadi dalam dirinya akan menentukan kualitas pencapaian kesejahteraan psikologis. Kesejahteran psikologis atau psychological well being merupakan keadaan dimana individu memiliki sikap positif dan menerima dirinya meskipun mereka sadar akan keterbatasan dirinya. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui analisis karakteristik keluarga dan pemanfaatan Posyandu Lansia terhadap psychological well being Lansia di Kecamatan IV Angkek Kabupaten Agam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kombinasi model concurrent embedded dengan penelitian kuantitatif dan kualitatif. Responden adalah Lansia yang berumur 60 tahun ke atas dan dilaksanakan bulan Juni 2014. Hasil analisis yang didapatkan diuji secara statistik dengan menggunakan analisis univariat, bivariat dan multivariat. Hasil penelitian didapatkan bahwa tingkat psychological well being tergolong tinggi 78.7% dan tergolong rendah 21.3% dan ada hubungan antara tingkat pendidikan keluarga, pemanfaatan kegiatan pelayanan kesehatan, kegiatan olahraga dan kegiatan keagamaan/majelistaklim. Pada analisis multivariat didapatkan nilai Ekp (β) 7,785 pada pemanfaatan kegiatan pelayanan kesehatan, artinya pelayanan kesehatan berpeluang 7,785 x lebih besar terhadap psychological well being Lansia. Disimpulkan bahwa variabel kegiatan pelayanan kesehatan berpengaruh besar terhadap psychological well being Lansia di Kecamatan IV Angkek Kabupaten Agam. Disarankan kepada Lansia agar jangan berhenti dalam melaksanakan tugas perkembangan sehingga tercapai kesejahteraan psikologis, bagi keluarga Lansia dapat memberikan pengayoman kepada keluarga sesuai dimensi psychological well being yang perlu perhatian khusus yaitu dimensi otonomi. Untuk pihak pemegang kebijakan kesehatan adalah perlunya dilaksankan kegiatan Posyandu Lansia terkait kegiatan pelayanan kesehatan di setiap jorong yang ada di Kecamatan IV Angkek khususnya, dan di semua jorong di Kabupaten Agam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: Mona M Chandra
Date Deposited: 29 Jan 2015 01:14
Last Modified: 29 Jan 2015 01:14
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/22603

Actions (login required)

View Item View Item