RAHMAN, ARIFKI
(2014)
PENENTUAN NILAI EKIVALENSI MOBIL PENUMPANG
(EMP) PADA RUAS JALAN KOTA PADANG DENGAN
METODE ANALISIS REGRESI.
Other thesis, ANDALAS UNIVERSITY.
Abstract
i
ABSTRAK
Dalam melakukan perencanaan dan mengetahui tingkat
pelayanan dari suatu jalan dikenal dengan istilah kapasitas jalan.
Kapasitas jalan dapat ditentukan dengan menghitung volume arus lalu
lintas yang melewati suatu ruas jalan kemudian dikonversikan ke dalam
satuan mobil penumpang per jam (smp/jam). Faktor yang digunakan
untuk konversi tersebut disebut dengan nilai ekivalensi mobil
penumpang (emp). Di dalam MKJI (Manual Kapasitas Jalan Indonesia)
1997 dijelaskan ekivalensi mobil penumpang merupakan faktor yang
menunjukkan berbagai tipe kendaraan dibandingkan dengan kendaraan
ringan sehubungan dengan pengaruhnya terhadap kecepatan kendaraan
ringan dalam arus lalu lintas (untuk mobil penumpang dan kendaraan
ringan yang sasisnya mirip, emp = 1,0). Tugas akhir ini menjelaskan
tentang nilai emp untuk ruas jalan di Kota Padang kemudian nilai emp
yang didapat dibandingkan dengan nilai emp pada MKJI 1997. Objek
penelitian dari tugas akhir ini yaitu ruas Jalan By Pass km 8 depan RM
Sederhana dan ruas Jalan S. Parman depan RM Ajo Paris. Data yang
diambil berupa volume lalu lintas pada jam sibuk pagi (07.00-08.30),
siang (11.00-12.30) dan sore (17.00-18.30). Nilai emp didapat dengan
cara analisis regresi. Kemudian dari analisis tersebut diperoleh koefisien
regresi yang nantinya akan direkomendasikan sebagai nilai emp untuk
masing-masing ruas jalan. Dari hasil analisis regresi didapatkan nilai
emp tiap jenis kendaraan untuk ruas Jalan By Pass km 8, Light Vehicle
(LV) = 1,00, Heavy Vehicle (HV) = 1,095 , dan Motor Cycle (MC) =
0,781. Sedangkan nilai emp tiap jenis kendaraan pada ruas jalan S.
Parman, Light Vehicle (LV) = 1,00, Heavy Vehicle (HV) = 2,547 , dan
Motor Cycle (MC) = 0,562.
Kata Kunci : kapasitas, ekivalensi mobil penumpang, jalan perkotaan,
analisis regresi
Actions (login required)
 |
View Item |