Repository Universitas Andalas

KOMPETENSI KEBAHASAAN MAHASISWA SASTRA INGGRIS UNAND: Suatu Tinjauan Fungsi Komunikasi Hemisfer Kanan

Handoko, Mr. (2013) KOMPETENSI KEBAHASAAN MAHASISWA SASTRA INGGRIS UNAND: Suatu Tinjauan Fungsi Komunikasi Hemisfer Kanan. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF - Accepted Version
Download (2545Kb) | Preview

Abstract

Penelitian terhadap kompetensi mahasiswa dalam memproses berbahasa sangat penting dilakukan karena saat ini mahasiswa sering dianggap kurang mampu berkomunikasi dengan baik dan benar, baik segi penggunaannya maupun pragmatiknya. Kedua aspek tersebut sangat ditentukan oleh fungsi otak kanan (hemisfer kanan) seseorang. Untuk itu dilakukan uji kompetensi fungsi hemisfer kanan dalam proses berbahasa dengan menggunakan metode “Pemeriksaan Komunikasi Hemisfer Kanan” (PKHK) oleh Dharmaperwira-prins. Penelitian ini dilakukan terhadap 38 mahasiswa Sastra Inggris Universitas Andalas. Data diambil melalui tes tertulis yang dirancang untuk menguji kemampuan mahasiswa terhadap tiga kompetensi, yaitu leksiko-semantik, makrostuktur, dan pragmatik. Penilaian terhadap kompetensi ini meliputi kompetensi reseptif (persepsi) dan kompetensi ekspresif (produksi). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa gangguan terhadap beberapa kompetensi kebahasaan. Untuk kompetensi leksiko-semantik, terdapat beberapa mahasiswa yang mengalai gangguan dalam memahami makna kiasan (21,05%) dan asosiasi kata (28,95%). Untuk kompetensi makrostruktur reseptif, kebanyakan mahasiswa mengalami kesulitan dalam menangkap informasi penting (68,42%), menangkap adjektiva (84,21 %), dan menangkap perasaan (84,21%). Sementara itu, untuk kompetensi makrostruktur ekspresif, kebanyakan mahasiswa mengalami gangguan dalam meringkas cerita (55,26%), memahami tema cerita (63,16%), koherensi (50%), dan menyatakan emosi (42,11%). Untuk kompetensi prakmatik reseptif, mahasiswa kesulitan dalam memahami makna konotatif (42,11%), motivasi pembicara (78,95%), dan nilai moral (50%). Untuk kompetensi pragmatik ekpresif, kebanyakan mahasiswa mengalami gangguan dalam memproduksi ujaran yang tepat (21,05%) dan gangguan inhibisi sosial (31,58%). Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa partisipan mengalami gangguan kompetensi hemisfer kanan dalam berbahasa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Hemisfer Kanan, Uji Kebahasaan, Leksiko-semantik, Makrostruktur, Pragmatik, neuropragmatik, neurolingusitik, right hemisphere, neurolingustics, neuropragmatics
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: Mr. Handoko Handoko
Date Deposited: 09 Jul 2015 04:31
Last Modified: 26 Aug 2015 05:28
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/22867

Actions (login required)

View Item View Item