Repository Universitas Andalas

PENGARUH KONSENTRASI HCl DALAM PROSES HIDROLISIS α-SELULOSA DARI AMPAS TEBU (Saccharum officinarum, L.) TERHADAP KARAKTERISTIK MIKROKRISTALIN

Edison, Dafit PENGARUH KONSENTRASI HCl DALAM PROSES HIDROLISIS α-SELULOSA DARI AMPAS TEBU (Saccharum officinarum, L.) TERHADAP KARAKTERISTIK MIKROKRISTALIN. Science and Technology .

[img]
Preview
PDF (Jurnal Penelitian Dafit Edison) - Published Version
Download (529Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh konsentrasi Asam Klorida (HCl) dan menentukan tingkat konsentrasi terbaik dalam proses hidrolisis α-selulosa dari ampas tebu (Saccharum officinarum, L.) terhadap karakteristik mikrokristalin. Penelitian ini telah dilakukan di Laboratorium Teknologi Hasil Pertanian Universitas Andalas Padang pada bulan November 2014 sampai dengan Juli 2015. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap yang terdiri dari 5 perlakuan dan 3 kali ulangan. Data dianalisis secara statistika dengan menggunakan ANOVA dan dilanjutkan dengan uji Duncan’s New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf nyata 5%. Perlakuan dalam penelitian ini adalah perbedaan konsentrasi HCl dalam proses hidrolisis α-selulosa dari ampas tebu yaitu konsentrasi 1,5 N, 2,0 N, 2,5 N, 3,0 N dan 3,5 N. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan konsentrasi HCl dalam proses hidrolisis α-selulosa dari ampas tebu berpengaruh terhadap pengamatan produk berupa rendemen, uji keputihan, sisa pemijaran, susut pengeringan dan zat larut dalam air. Konsentrasi HCl terbaik dalam penelitian yang memenuhi standar persyaratan menurut Ditjen POM (1979) adalah konsentrasi HCl 2,5 N yang menghasilkan rendemen sebesar 90,42 %, derajat putih 89,24 %, susut pengeringan 4,87 %, sisa pemijaran 0,10 %, uji pH 6,87 dan zat larut dalam air 0,09%. Kata kunci : Mikrokristalin, α-Selulosa, Ampas Tebu, Hidrolisis, Asam Klorida (HCl)

Item Type: Article
Subjects: Q Science > QD Chemistry
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: S.TP Dafit Edison
Date Deposited: 19 Nov 2015 03:26
Last Modified: 19 Nov 2015 03:26
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/23026

Actions (login required)

View Item View Item