Repository Universitas Andalas

ANALISIS KOMPETENSI DAN KINERJA KEPALA RUANGAN DALAM MELAKSANAKAN FUNGSI MANAJERIAL BANGSAL MENURUT PERSPEKTIF PERAWAT PELAKSANA DAN FAKTOR DETERMINANNYA DI IRNA AMBUN PAGI RSUP Dr M DJAMIL PADANG

ALMIDAWATI, ALMIDAWATI (2015) ANALISIS KOMPETENSI DAN KINERJA KEPALA RUANGAN DALAM MELAKSANAKAN FUNGSI MANAJERIAL BANGSAL MENURUT PERSPEKTIF PERAWAT PELAKSANA DAN FAKTOR DETERMINANNYA DI IRNA AMBUN PAGI RSUP Dr M DJAMIL PADANG. Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF
Download (366Kb) | Preview

Abstract

ABSTRAK Manajemen merupakan suatu metoda yang dipakai untuk mencapai tujuan termasuk tujuan pelayanan keparawatan. Pelaksanaanya sangat tergantung pada tenaga perawat yang bertugas sebagai pengelola ruangan perawatan yaitu kepala ruangan sebagai manajer lini pertama..Tugas kepala ruangan belum optimal karena adanya keluhan perawat pelaksana terhadap tugas kepala ruangan sehingga akan sulit mewujudkan tujuan pelayanan optimal. Tujuan penelitian ini menganalisa kompetensi dan kinerja kepala ruangan dan faktor determinannya dengan menggunakan riset kuantitatif, jenis deskriptif analitik, pendekatan cross sectional, sampel pada penelitian ini adalah perawat pelaksana berjumlah 58 orang dengan cara purposif. Penelitian ini menggunakan kuesioner yang sudah diuji validitas dan riabilitasnya. Pengumpulan data dengan cara menyebarkan angket. Hasil penelitian didapatkan kompetensi kurang baik (56,6%), kinerja kurang baik (56,9%), palatihan kurang baik (51,7%), motivasi kurang baik (50%), kompensasi kurang baik (56,9%), supervisi kurang baik (58,6%), kepemimpinan (55,2%). Terdapat hubungan bermakna antara kompetensi dengan kinerja kepala ruangan, antara pelatihan, motivasi, supervisi dengan kinerja kepala ruangan. Tidak ada hubungan yang bermakna antara kompensasi, kepemimpinan dengan kinerja kepala ruangan dalam melaksanakan fungsi manajerial. Saran untuk meningkatkan kinerja terutama P1(perencanaan) dan P2 (penggerakan, pelaksanaan) sedangkan kompetensi tentang bagaimana hubungan antar manusia, membawa perubahan dan memfasilitasi team dan meningkat supervisi langsung terhadap tugas kepala ruangan. Kata kunci : faktor determinan, kompetensi,kinerja, kepala ruangan Daftar Pustaka : 35 (1992 – 2014)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Unit atau Lembaga: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Deka Putri Naryanti SIP
Date Deposited: 14 Dec 2015 03:30
Last Modified: 14 Dec 2015 03:30
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/23056

Actions (login required)

View Item View Item