Repository Universitas Andalas

HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN KONSEP DIRI PENGGUNA NARKOBA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KLAS II A MUARO PADANG TAHUN 2015

DIRSYA YUDIA SARI, DIRSYA YUDIA SARI (2015) HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN KONSEP DIRI PENGGUNA NARKOBA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KLAS II A MUARO PADANG TAHUN 2015. Repository .

[img]
Preview
PDF
Download (274Kb) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ketergantungan pada pengguna narkoba memberikan dampak buruk bagi kondisi kesehatan dan psikologis. Narkoba dapat merubah keadaan diri seseorang termasuk konsep diri yang dimiliki. Konsep diri negatif cenderung terjadi pada pengguna narkoba, sehingga dibutuhkan faktor yang dapat mengubah konsep diri negatif pada pengguna, yaitu dukungan sosial dari keluarga, teman serta petugas lapas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan sosial dengan konsep diri pengguna narkoba di Lembaga Pemasyarakatan Klas II A Muaro Padang Tahun 2015. Jenis penelitian menggunakan desain deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilakukan pada 55 responden. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner yang terdiri dari data demografi, konsep diri, dan dukungan sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (74,5%) narapidana dengan kasus narkoba memiliki konsep diri positif, dan (85,5%) narapidana dengan kasus narkoba mendapatkan dukungan sosial yang tinggi. Berdasarkan hasil uji chi-square, diketahui bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara dukungan sosial dengan konsep diri pengguna narkoba di Lembaga Pemasyarakatan Klas II A Muaro Padang Tahun 2015 dengan nilai (p=0,000). Dapat disimpulkan bahwa dukungan sosial dapat meningkatkan konsep diri narapidana narkoba di Lembaga Pemasyarakatan Klas II A Muaro Padang. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada keluarga dan teman menjadi sumber dukungan sosial, memberikan motivasi bagi narapidana dan bagi petugas lapas memberikan binaan dan pendidikan kesehatan pada narapidana narkoba. Kata kunci : Narkoba, konsep diri, dukungan sosial Daftar Pustaka : 88 (1971 - 2014)

Item Type: Article
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Unit atau Lembaga: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Deka Putri Naryanti SIP
Date Deposited: 14 Dec 2015 03:30
Last Modified: 14 Dec 2015 03:30
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/23062

Actions (login required)

View Item View Item